Andrea Ianone Puncaki Tes Hari Ke Dua

Suzuki MotoGP
Suzuki MotoGP

Hujan yang mengguyur sepang pada senin malam membuat kondisi trek esoknya masih basah, tes yang dilaksanakan hari selasa sedikit terganggu dengan adanya sisa air yang mengguyur lintasan kondisipun dianggap tidak layak untuk melakukan ujicoba. Selama 45 menit Lorenzo menjadi satu satunya pembalap yang memaski lintasan lalu di ikuti oleh Danilo Petrucci namun kedua pembalap tersebut hanya melakukan pemanasan lintasan lalu kembali ke pit melihat kondisi lintasan tidak memungkinkan. Akhirnya menjelang sore, para pebalap benar-benar bisa melakukan ujicoba. Catatan waktu terbaik  baru muncul di jam-jam akhir, yang sempat diwarnai kecelakaan pebalap Marc VDS Honda Tito Rabat.

Ujicoba hari kedua ini Ianone menjadi pembalap yang tercepat menggunakan motor Suzuki GSX-RR dengan catatan waktu 1 menit 59.452 detik. Posisi kedua ada pembalap Yamaha Maverick Vinales dengan catatan waktu 1 menit 59.859 detik lebih lambat 0.407 detik. Posisi ke tiga ada pembalap dari tim satelit Ducati Alvaro Bautista dengan catatn waktu 2'00.219 lebih lambat 0.767 detik dari pembalap tercepat. Sementara Jorge Lorenzo mampu memperbaiki catatan waktunya mampu di posisi ke 8 merupakan hasil yang positif bagi Lorenzo. Juara Dunia Marc Marquez hanya mampu di posisi 10 dengan catatan waktu  2'00.531 lebih lambat 1.079 dari pembalap tercepat.

Sementara para pendatang baru seperti Johann Zarco juara dunia Moto2 yang membela tim Yamaha Tech3, ada di peringkat kelima dengan catatan waktu 2 menit 00.343 detik. Rookie lainnya, Jonas Folger juga tampil mengesankan bersama tim Yamaha Tech3, ada di urutan sembilan dengan catatan waktu 2 menit 00.495 detik sedangkan Alex Rins membela tim Suzuki menempati posisi 13 dengan catatan waktu 2 menit 00.877 detik. Sementara Sam Lowes rookie yang membela Aprilia racing berada di posisi 22 dengan catatan waktu 2 menit 02.058 detik. Itulah ke empat rookie motogp yang tampil saat menjalani ujicoba hari kedua.
 
Hasil Ujicoba Hari ke Dua

1 Andrea Iannone  Suzuki 1'59.452
2 Maverick Vinales  Yamaha 1'59.859 0.407
3 Alvaro Bautista  Ducati 2'00.219 0.767
4 Valentino Rossi  Yamaha 2'00.254 0.802 
5 Johann Zarco  Yamaha 2'00.343 0.891 
6 Hector Barbera  Ducati 2'00.351 0.899
7 Andrea Dovizioso  Ducati 2'00.441 0.989 
8 Jorge Lorenzo  Ducati  2'00.484 1.032
9 Jonas Folger  Yamaha  2'00.495 1.043
10 Marc Marquez  Honda 2'00.531  1.079
11 Aleix Espargaro  Aprilia 2'00.609 1.157 
12 Cal Crutchlow  Honda 2'00.692 1.240
13 Alex Rins Suzuki 2'00.877 1.425 
14 Dani Pedrosa  Honda 2'00.886 1.434 
15 Scott Redding  Ducati 2'00.972 1.520 
16 Karel Abraham Ducati 2'00.981 1.529
17 Danilo Petrucci  Ducati 2'01.124 1.672 
18 Loris Baz  Ducati  2'01.227 1.775 
19 Michele Pirro Ducati 2'01.383 1.931 
20 Pol Espargaro  KTM 2'01.525 2.073 
21 Jack Miller Honda 2'01.557 2.105 
22 Sam Lowes  Aprilia 2'02.058 2.606 
23 Tito Rabat  Honda 2'02.190 2.738 
24 Takuya Tsuda  Suzuki 2'02.266 2.814 
25 Bradley Smith  KTM 2'02.517 3.065 
26 Katsuyuki Nakasuga  Yamaha 2'02.893 3.441 
27 Kohta Nozane Yamaha 2'03.052 3.600 

Hasil Ujicoba Casey Stoner Membuat Ducati Optimis


Casey Stoner
Casey Stoner
Casey Stoner mampu mencapai hasil yang posisitf unutk tim dalam sesi test hari pertama yang di gelar di sirkuit Sepang Malaysia. Sebagai pembalap penguji Casey stoner mampu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 59, 681 detik. Hasil tersebut membuat Dovisiozo senang sebab mampu membuat perbandingan atas kemajuan Ducati Desmosedici GP17.

Hasil yang dicapai Casey Stoner memperlihatkan ubahan pelarangan winglet musim ini tidak terlalu berpengaruh pada Motor Ducati meskipun winglet sendiri yang pertama kali mengembangkan Ducati unutk mencegah terjadinya wheelie (roda terangkat saat akslerasi) dengan menambah down force gaya tekan ke bawah.

 Dovisiozo sendiri memapu menempati posisi ke dua dalam tes yang dilaksanakan senin siang waktu setempat dengan selisih waktu 0,115 detik dari stoner. hasil kurang memuaskan dicapai oleh Jorge Lorenzo, hanya mampu menempati posisi ke 17 dengan catatan waktu 2 menit 1.349 detik yang membuatnya terpaut 1.669 detik dari pembalap tercepat Casey Stoner sebagai pembalap penguji. Lorenzo masih menyesuaikan adaptasi dengan Motor Ducati seperti mengubah gaya membalap, karena Ducati sangat berbeda dengan Yamaha menurut Lorenzo.

Meski terpaut jauh dengan pembalap tercepat masih banyak waktu untuk memperbaiki stelan motor dan gaya membalap yang perlu di ubah. Hari ini dan esok masih dilaksanakan sesi ujicoba di Sirkuit Sepang Malaysia sehingga masih ada waktu bagi Lorenzo mencetak waktu terbaik dengan Ducati GP17.

Lorenzo mengatakan dirinya terbiasa mengerem lebih awal sehingga membuatnya kehilangan banyak waktu. Mengendarai motor dengan cara yang sama seperti Yamaha sangat sulit untuk di terapkan pada motor Ducati. Hasil yang dicapai Lorenzo tidak akan membuatnya kecewa justru malah terkejut karena ada peningkatan besar selama hari pertama, terbukti empat motor Ducati ada di posisi teratas menunjukkan potensi motor bisa tampil kencang.

Masalah Akselerasi Honda RCV Belum Sepenuhnya Teratasi


Honda RC213V 2017
Honda RC213V 2017
Tahun 2016 merupakan tahun yang sulit bagi Marquez unutk mendapatkan feling di atas motor ketika keluar dari tikungan, motor Honda RC213V masih mempunyai kekurangan akslerasi saat keluar tikungan. Kurangnya daya cengkeram saat keluar tikungan, dialami semua pembalap yang menggunakan motor Honda. Marquez berharap menemukan solusi selama beberapa hari ke depan.

Pada saat tes sepang kemarin waktu setempat Honda RCV masih belum memiliki akslerasi yang mummpuni dan kecepatan puncak yang masih kurang. Marquez mengatakan tim telah bekerja pada mesin utuk mencoba meningkatkan akslerasi dan kecepatan puncak motor. Tes kemarin Marquez menempati posisi ke sembilan tertinggal satu detik dari pembalap tercepat casey Stoner, Marquez hanya memakai satu motor versi 2017, akan tetapi banyak stelan yang perlu diperbaiki untuk motornya membuat Marquez banyak menunggu di garasi.

Cal Crutchlow dari Tim LCR menjadi pembalap Honda tercepat yang berada di urutan ke enam di belakang Andrea Ianone dari tim Suzuki. Stelan mesin Honda yang terbaru dengan sistem pembakaran bigbang masih belum sempurna, tahun ini honda beralih ke mesin bigbang dari scramer untuk memperoleh karakter mesin yang halus saat corner dan exit keluar tikungan.

Penampakan motor Marquez saat tes sepang kemarin ada yang unik dari desain knalpot, knalpot menjadi lebih panjang mungkin bertujuan untuk meningkatkan topspeed. Livery anyar ini masih mirip seperti tahun lalu, hanya pada bagian tangki di labur warna putih kombinasi orange. Dengan ukuran knalpot memanjang  mesin difokuskan meraih putaran atas unutk mengincar top speed.

Dengan semakin panjang knalpot karakter motor tidak akan terlalu liar. Knalpot anyar Honda RC213V memakai SC-Project yang menggantikan Termignoni tahun lalu kita lihat saja apakah tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu.

Casey Stoner Menjadi Yang Tercepat Sesi Kedua Tes Pramusim Malaysia

Casey Stoner
Casey Stoner

Sesi ujicoba pramusim MotoGP dilakukan di Sirkuit Sepang malaysia dalam beberapa sesi, casey stoner menjadi yang tercepat dalam sesi yang dilakukan. Casey stoner bertindak sebagai pembalap tes Ducati mampu mencetak waktu tercepat 1m 59.680 detik. Sementara di posisi kedua ada pembalap Ducati Andrea Dovisiozo dengan catatan waktu 1m 59.797 detik lebih lambat 0.117, posisi ke tiga ada pembalap Yamaha Maverick Vinales dengan catatan waktu 2m 0.129 detik atau lebih lambat 0.449 detik dari pembalap tercepat Casey Stoner.

Hasil bagus di capai oleh Alvaro Bautista yang musim kemarin membela Aprilia, Bautista mampu mencatatkan waktu terbaik di posisi ke empat motor yang dipakai masih menggunakan Ducati Desmosedici GP16 namun  sudah memperlihatkan hasil yang lumayan memuaskan. Di posisi ke lima ada pembalap Suzuki Andrea ianone cukup lumayan kencang dengan motor GSX-RR terbaru sementara rekan setim Ianone menempati posisi ke 25.

Sementara Jorge Lorenzo masih membutuhkan adaptasi dengan motor yang dipakainya, dengan menempati posisi ke 15 dalam tes hari ini. Lorenzo membutuhkan jam terbang lebih banyak untuk menaklukkan motor Ducati GP17 yang mempunyai karakter liar.

Berikut Hasil Tes Yang Telah Dilakukan
1. Casey Stoner AUS Ducati Test Rider (Desmosedici GP17) 1m 59.680s
2. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP17) 1m 59.797s 
3. Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 2m 0.129s 
4. Alvaro Bautista ESP Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP16) 2m 0.134s 
5. Andrea Iannone ITA Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 0.489s  
6. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 2m 0.569s  
7. Jonas Folger GER Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 2m 0.643s 
8. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 2m 0.694s 
9. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 2m 0.738s 
10. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP16) 2m 0.743s 
11. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP17) 2m 0.850s 
12. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP16) 2m 0.853s
13. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 2m 0.970s 
14. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 1.272s 
15. Jorge Lorenzo ESP Ducati Team (Desmosedici GP17) 2m 1.562s 
16. Takuya Tsuda JPN Suzuki Test Rider (GSX-RR) 2m 1.812s
17. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 2m 1.850s 
18. Karel Abraham CZE Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP15) 2m 1.926s 
19. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory Racing (RC16) 2m 2.066s 
20. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 2m 2.099s 
21. Loris Baz FRA Avintia Racing (Desmosedici GP15) 2m 2.252s 
22. Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Test Rider (YZR-M1) 2m 2.291s 
23. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 2m 2.315s 
24. Sam Lowes GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)* 2m 2.943s 
25. Alex Rins ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 2m 3.061s 
26. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory Racing (RC16) 2m 3.442s 
27. Kouta Nozane GER Yamaha Test Rider (YZR-M1) 2m 3.717s 

Suzuki Rilis Resmi Motor GSX-RR di Sepang


Suzuki GSX-RR
Suzuki GSX-RR
Menjelang satu hari sebelum tes pra musim dimulai, Suzuki secara resmi merilis GSX-RR untuk balap MotoGP musim ini. Secara fisik livery anyar Suzuki tidak banyak berubah, masih dengan sponsor ECSTAR yang menempel di fairing samping serta logo pelumas motul dan sponsor dari Indonesia Suzuki Indomobil Sales "Nyalakan Nyali".

Peluncuran dilaksanakan hari minggu sore waktu setempat, desain fairing dari GSX-RR masih mirip tahun lalu dihadiri oleh kedua pembalap baru andalan Suzuki Andrea Ianone dan Alex Rins. Ianone yang sebelumnya membela Ducati dengan memperoleh satu kemenangan di Red Bull ring austria, Ianone menutup klasemen di peringkat sembilan sedangkan alex Rins tercatat menjadi runner-up Moto3 musim 2013 dan Moto2 musim 2015. Rins merupakan pembalap spanyol yang melakoni debut pertama di MotoGP bersama 3 jebolan Rokie yang lain.

Musim lalu Suzuki mampu mencuri satu kemenangan bersama  Vinales yang saat itu masih bersama Suzuki, layak di saksikan kiprah kedua pembalap ini bertarung merebutkan gelar juara dunia. manager Tim Suzuki Davide Brivio mengatakan tarhet Suzuki secepatnya mengantarkan kedua pembalapnya menjadi yang terbaik di MotoGP.

Sementara itu Alex Rins yang mengalami cedera akibat melakoni tes di Velancia, mengatakan bahwa perbedaan motor MotoGP adalah tenaga yang luar biasa mencapai 220 hp tidak mudah mengendari motor dengan power sebesar itu. Sedangkan Andrea Ianone menjelaskan ia pindah ke Suzuki impresi terbaiknya adalah sasis GSX-RR sesuai dengan karakter style balap yang dimilikinya.

Dicabutnya status Suzuki sebagai tim yang memiliki konsesi, pihak Suzuki mengatakan bahwa pengembangan motor tahun lalu sudah tidak berpatokan pada status konsesi jadi tidak mengalami perbedaan dengan dicabutnya status tersebut.

Konsesi adalah status dimana boleh mengembangkan mesin selama musim MotoGP berlangsung. Suzuki masih memakai mesin Inline 4 silinder dengan metode pembakaran Bigbang, besok di sepang waktu setempat akan di adakan tes resmi pramusim MotoGP, kita bisa tau kekuatan dari masing masing tim, pantau terus di Blog ini.

KTM MotoGP Bertekat Memberikan yang Terbaik Bagi Kedua Pembalap

KTM Racing
KTM Racing


Musim 2017 merupakan Musim pertama KTM MotoGP menunjukkan kemampuan bersaing dengan tim papan atas Honda Yamaha Ducati Suzuki. Manager KTM, Mike Leitner mengatakan bahwa tim harus terus berusaha memberikan update pengembangan motor untuk hasil yang terbaik bagi kedua pembalap sampai akhir musim. KTM diperkuat pembalap Pol Espargaro dan Bradley Smith yang sebelumnya kedua pembalap ini membalap bersama Yamaha Tech3.

Motor yang di kembangkan KTM sejauh ini menurut timnya sudah merasa puas, namun tidak akan membuat KTM berhenti memberikan pengembangan motor. Mike Leitner mengatakan bahwa timnya bertekat memberikan kejutan pada setiap seri MotoGP, kejutan ini bisa berupa paket update pada motor di setiap serinya nanti.

Setiap kru tim memiliki kharapan yang sama agar motor bisa berkembang setiap pekan sejak seri MotoGP dimulai. Masukan yang diberikan oleh kedua pembalap bakal menjadi modal awal unutk pengembangan motor disetiap serinya. KTM masih belum memiliki paket aerodinamis pada motor yang dikembangkan maka dari itu paket aerodinamis akan menjadi perhatian yang sangat penting.

Manager KTM, Mike Leitner mempunyai banyak pengalaman di MotoGP, karena pernah menjadi kepala kru mekanik Repsol Honda Dani Pedrosa. KTM tidak menargetkan ktarget spesifik memulai debutnya di MotoGP akan tetapi target akan terus berubah seiring berjalannya waktu motor akan terus berkembang.

CBR1000RR FireBlade SP2 Untuk Superbike 2017

Stefan Bradl
Stefan Bradl

Pembalap asal Amerika Nicky Hayden melakukan serangkaian ujicoba di Sirkuit Jerez Spanyol, menggunakan Honda CBR1000RR SP2 yang akan digunakan Balap FIM Superbike musim 2017. Ujicoba ini sangat penting bagi kedua pembalap Honda Nicky Hayden dan Stefan Bradl merasakan part baru untuk memaksimalkan motor balap yang akan dipakai musim ini. Kedua pembalap Honda ini menorehkan sekitar 202 Lap dalam serangkaian ujicoba yang di lakukan.

Manajer Teknis Pieter Breddels mengatakan mesin baru sedikit lebih cepat daripada model sebelumnya. "Pemetaan Mesin masih belum dioptimalkan, sehingga membuatnya sedikit lebih sulit untuk mengatur komponen yang lainnya"

"Kami mengumpulkan banyak data untuk memahami penggunaan sistem ride-by-wire yang baru, terutama yang berhubungan dengan throttle body, " ucapnya.  

Motor yang dipakai masih mirip dengan CBR1000RR 2017 versi produksi masal hanya yang membedakan bagian fairing depan agak lebih besar dan tinggi serta stiker headlamp. Fairing samping desain grafis khas Honda Lambang sayap mungkin ini belum desain grafis final, kemungkinan masih ada lagi logo sponsor yang akan menempel. Rumor yang berkembang Redbull bakal menjadi salah satu sponsor di tim ini,  Stefan Bradl masih tetap eksis digandeng oleh RedBull.

Hasil tes Jerez masih membuktikan keperkasaan Kawasaki ZX10R menempati posisi puncak dengan pembalap Jonathan Rea, sedang posisi kedua ada Lorenzo Savadori dari Tim Aprilia posisi ke tiga rekan setim Rea, Tom Sykes.

Hasil Ujicoba Jerez Superbike
  1. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team): 1.39.809
  2. Lorenzo Savadori (Milwaukee Aprilia Team): 1.39.920
  3. Tom Sykes (Kawasaki Racing Team): 1.40.219
  4. Marco Melandri (Aruba It.Racing- Ducati): 1.40.313
  5. Chaz Davies (Aruba It.Racing- Ducati): 1.40.324
  6. Nicky Hayden (Honda World Superbike Team): 1.40.548
  7. Alex Lowes (Pata Yamaha Official Team): 1.40.600
  8. Xavi Forés (Barni Racing): 1.40.738
  9. Stefan Bradl (Honda World Superbike Team):1.40.854
  10. Michael van der Mark (Pata Yamaha Team): 1.41.450
  11. Randy Krummenacher (Puccetti Kawasaki Racing):1.41.566
  12. Markus Reiterberger (Althea BMW Racing):1.41.578
  13. Jordi Torres (Althea BMW Racing): 1.41.619
  14. Eugene Laverty (Milwaukee Aprilia Team): 1.41.886

Pengalaman di Suzuki Membuat Vinales Lebih Pede Geber Yamaha

Maverick Vinales
Maverick Vinales

Pengalaman membalap bersama Suzuki selama dua musim, Membuat Vinnales mempunyai pengalaman yang berharga sehingga lebih mudah beradaptasi dengan motor Yamaha. Perlu di ingat tipe mesin yang digunakan Suzuki dan Yamaha sangat mirip, menggunkaan Inline segaris empat silinder. Pengalaman dua tahun membalap di Suzuki membuat Vinales langsung klop mengendarai Yamaha M1 terbukti pada saat tes di valencia Spanyol tahun lalu. Performa yang dimiliki Vinales membuat banyak pihak kagum akan kehebatannya dalam menggunakan motor Yamaha padahal batu awal.

Menurut vinales, waktu mengendarai Suzuki harus dipaksa sampai batas limit agar potensi motor bisa nampak, berbeda dengan mengendarai Yamaha tanpa harus limit batas motor bisa melaju dengan sempurna mencatatkan waktu yang kompetitif. Lin Jarvis Managing Director Yamaha Motor Racing terkagum melihat potensi Vinales soal skil yang dimilikinya, Vinales mampu memberikan feedback dan para enginer dalam mengembangkan motor.

Lin Jarvis mengatakan bahwa Vinales datang ke tim yang tepat, mengingat Yamaha merupakan tim yang suskses merebut tiga gelar juara dunia bersama Lorenzo termasuk di kepalai kru mekanik Ramon Forcada Vinales akan menjalani musim yang mudah mengingat usia Vinales masih 22 tahun.

Rekan setim Vinales Valentino Rossi mengatakan  bahawa musim 2017 bakal berlangsung sangat sengit seperti musim 2016, mengingat ada 9 pembalap berbeda yang mampu memenangi kujuaraan dalam semusim. Rossi musim 2016 hanya memperoleh dua kemenangan dalam semusim, yang tidak sesuai ekspektasinya dari target awal. Musim ini Rossi menargetkan juara dunia unutk melengkapi gelar yang kesepuluh

AHM Rilis Warna Baru Honda PCX 150


Honda PCX 150
Honda PCX 150
Pangsa pasar skutic jumbo masih di kuasai yamaha dengan NMAX 150, AHM hadirkan warna baru PCX 150 untuk tahun 2017, dengan hadirnya warna baru ini akan semakin elegan dan berkelas unutk masyarakt indonesia yang menginginkan skutic jumbo. Direktur pemasaran AHM Margono Tanuwijayamengatakan Honda PCX merupakan pelopor skutic premium yang ada di Indonesia dengan fitur canggih dan segudang kelebihan.

Warna baru ini Exclusive Poseidon Blue dipasarkan dengan harga Rp 40.050.000,- OTR Jakarta denga target terjual sekitar 500 unit perbulan. Sementara sang rival yaitu Yamaha NMAX 150 jauh lebih murah Rp29.100.000 tipe ABS dan Rp25.200.000 non ABS.

Warna baru Honda PCX ini dapat dimiliki konsumen pada bulan Februari 2017 di Wing Dealer dan Big Wing terdekat. Honda PCX dibekali teknologi eSP (Enhance Smart Power)yang terintegrasi dengan ACG stater sehingga waktu menghidupkan mesin akan lebih mulus tanpa adanya suara kasar dari motor stater, di tambah lagi fitur Idling Stop System (ISS), mesin otomatis mati jika dalam kondisi idle selama 3 detik untuk menghidupkan kembali hanya menarik tuas gas.

Honda PCX merupakan model global mengusung konsep desain yang mewah kelas dunia, dilengkapi beberapa fitur seperti penerapan lampu LED di semua lampu, lampu Hazard yang pertama kali digunakan pada sepeda motor Indonesia. Answer Back System yang terintegrasi dengan remote control alarm memudahkan mencari motor saat posisi parkir serta control alrm dari pencurian. ada pula socket DC poser untuk charge yang ada pada console box bagian depan, pengereman combi brake dengan 3 caliper yang memberikan kestabilan pada saat pengereman. kapasitas tangki bahan bakar 8 liter dan fitur tombol pembuka tangki dan jok yang terintegrasi kunci kontak. bagasi kapasitas 25 liter dapat memuat helm Full-face

Honda Motor Eropa Bekerja sama dengan Akrapovic di World Superbike


Logo Akrapovic
Logo Akrapovic
Logo Akrapovic bakal menempel di knalpot SBR1000RR SP2 pada gelaran WSBK musim 2017, pasalnya knalpot asal Slovenia ini bekerjasama dengan Honda WSBK. Akrapovic pernah mencicipi kejayaan balap bersama Honda pada tahun 2000 suskses merebut gelar juara dunia, saat itu pembalap Colin Edward mengendari Motor Honda VTR1000SP1. Kita sudah tidak asing lagi dengan knalpot ini, Yamaha, Ducati, Aprilia, Suzuki, KTM pada ajang MotoGP memakai kenalpot Akrapovic.

Unutk Honda CBR1000RR SP2 pihak Akrapovic telah mengembangkan sistem kanalpot dari bahan titanium yang ringan untuk meningkatkan performa motor. Akrapovic memperoleh kemenangan pada ajang WSBK pertama kali pada tahun 1997 bersama kawasaki ZX7R bersama pembalap Akira Yanagawa berkebangsaan jepang.

Akrapovic didirikan pada tahun 1990 oleh seorang pembalap Slovenia Igor Akrapovic. Igor Akrapovic meniti kariernya sebagai tukang knalpot, merancang dan mendesain kenalpot di bengkel kecil. Berkat warisan ilmu teknik dari Ayahnya dia membuka usahanya sekitar tahun 1990 di bantu oleh  Slavko Trstenjakyang mempunyai keahlian pengelasan. Usaha yang dirintis terus berkembang dengan bergabungnya marko Adamic yang menjabat sebagai manager pemasaran. Usaha yang awal mula dirintis kini sudah besar dan mendunia memproduksi berbagai jenis knalpot dari berbagai merk kendaraan dengan spesifikasi racing.

Bahan yang digunakan menggunakan titanium, yang memiliki berat yang sangat ringan, sedikit lebih berat dari karbon, material ini merupakan yang paling tahan panas. Akrapovic peertama kali masuk balap bersama Kawasaki Belanda yang mencoba kanlpot buatannya, akhirnya tim balap tersebut terkejut dengan hasil yang di dapatkan lebih baik dengan kanlpot buatan pabrikan. Dari sinilah Akrapovic mulai di kenal dan menjadi suplier kanlpot tim balap kelas Dunia.

Kalender Musim balap MotoGP 2017 Resmi di Rilis


Seri MotoGP
Seri MotoGP
Kalender Musim balap MotoGP 2017 telah resmi di rilis oleh Federasi balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sport seperti tahun sebelumnya Losail Qatar menjadi seri pembuka MotoGP 2017. Meskipun sedikit sekali mengalami perubahan dari kalender sementara yang sebelumnya di rilis pada bulan Desember lalu, Sirkuit Silverstone Inggris dan Sirkuit Sepang malaysia tidak lagi menjadi status negosiasi kontrak kedua seri tersebut bisa dipastikan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP setelah mencapai titik temu negosiasi kontrak. Seri pembuka di gelar pada tanggal 23-26 maret. Seri penutup di laksanakan Sirkuit Ricardo Tormo Valencia 10-12 November yang akan datang.

Musim 2017 akan ada 18 seri balap yang semuanya di gelar di sirkuit yang sama, dengan catatan GP Republik Ceko di Brno 8-8-2017) dan GP Austria di Red Bull Ring 13-8-2017 bertukar posisi. sebelum menjalani musim balap 2017 semua tim masih menjalani tes resmi yang paling dekat tanggal 30 januari sampai 1 februari 2017. Setelah tes di Sirkuit sepang Malaysia akan di langsungkan di Sirkuit Phillip Island Australia pada 15-17 Februari 2017. Tes terakhir di laksanakan di Sirkuit Losail pada 10-12 Maret 2017.

Jadwal Kalender balap MotoGP 2017:

1. 26 Maret Qatar Losail
2. 9 April Argentina Termas de Rio Hondo
3. 23 April AS Circuit of the Americas
4. 7 Mei Spanyol Jerez
5. 21 Mei Perancis Le Mans
6. 4 Juni Italia Mugello
7. 11 Juni Katalonia Circuit de Catalunya
8. 25 Juni Belanda Assen
9. 2 Juli Jerman Sachsenring
10. 6 Agustus Republik Ceko Brno
11. 13 Agustus Austria Red Bull Ring
12. 27 Agustus Inggris Silverstone
13. 10 September San Marino Misano
14. 24 September Aragon Ciudad del Motor de Aragon
15. 15 Oktober Jepang Motegi
16. 22 Oktober Australia Phillip Island
17. 29 Oktober Malaysia Sepang
18. 12 November Valencia Valencia

Jadwal Tes pramusim MotoGP
1. 30 Januari - 1 Februari 2017 : Sepang, Malaysia
2. 15-17 Februari 2017 : Phillip Island, Australia
3. 10-12 Maret 2017 : Losail, Qatar
Jadwal Tes pramusim Moto2-Moto3
1. 8-10 Maret 2017 : Jerez, Spanyol
2. 17-19 Maret 2017 : Losail, Qatar 

Spesifikasi Lengkap New Yamaha R15 Power Naik

All New Yamaha R15
All New Yamaha R15

Yamaha YZF R15 mengalami update mesin dengan beberapa revisi diameter piston dan stroke, serta asupan bahan bakar menggunakan sistem katup SOHC VVA. perubahan spesifikasi tersebut dapat meningkatkan tenaga sebesar 19,05 dk pada putaran 10.000 RPM dari sebelumnya hanya 16,36 dk pada 8000 RPM.

Torsi yang dihasilkan juga naik menjadi 17,7 Nm di 8500 RPM. Yamaha melakukan beberapa revisi diantaranya kapasitas mesin meningkat menjadi 155 cc berkat diameter piston naik dari 50 mm menjadi 58 mm, tidak hanya itu desain katup juga mendapat ubahan berkat teknologi Variable Valve Actuation (VVA), memungkinkan camsaft memiliki durasi yang berbeda. Durasi terjadi pada putaran 7.400 rpm sehingga putaran rendah maupun tinggi performa akan tetap terbaik. Perubahan throotle body yang semakin lebar sebesar 30 mm untuk kebutuhan asupan bahan bakar yang maksimal di padukan lubang inkector 10 hole.

Bagian kopling sudah mengadopsi sistem asist sehingga tuas kopling menjadi lebih ringan dan slipper clutch yang membuat perpindahan gigi transmisi lebih mulus tanpa adanya engine brake. Desain sasis deltabox terbaru menyesuaikan mesin yang baru pula. Pada bagian kaki kaki menggunakan suspensi upside down 31 mm roda depan menggunakan ukuran 110/70-17 velg 2.5 sedang belakang 140/70-17  velg 4.0 ada peningkatan ukuran dari versi sebelumnya.

Mengadopsi spedometer full digital dilengkapi dengan indikator perpindahan gigi shifer light, lampu depan dan belakang menggunakan LED dan hazzard. Unutk harga masih belum di rilis secara resmi kira kira berapa harga yang pantas unutk All New Yamaha R15 ini.

Persaingan Sengit Sport Fairing 150 cc


Yamaha New YZF R15

Persaingan sport bike 150 cc ditanah air, yang di dominasi pabrikan jepang Yamaha dengan All New R15, Honda dengan CBR150R, Suzuki dengan GSX-R 150. Yamaha baru saja merilis New YZF R15 dengan desain terbaru Suzuki GSX-R150 juga segera di rilis. Yamaha memberikan diferensisi dengan menambah kapasitas mesin menjadi 155 cc VVA Assist & Slipper Clucth Upside Down Suspension tentunya ini yang pertama kali di terapkan oleh Yamaha sebagai pelopor sport 150 cc. Walaupun ketiga produk jepang ini jenis sport fairing namun menawarkan desain yang berbeda dengan harga yang berbeda pula.

Yamaha New YZF R15, 155 cc VVA Assist & Slipper Clucth Upside Down Suspension
Motor yang sering di sebut R15 dihadirkan pertama kali oleh yamaha Indonesia pada awal 2014 yang mewakili DNA yamaha R series. Tahun 2017 ini yamaha melakukan update besar besaran mulai dari mesin full body serda bagian roda. Dibekali dengan penggunaan lampu mengadopsi LED secara keseluruhan, jok rider dan boncenger yang telah direvisis membuat nyaman dalam berkendara.

Penggunaan Assist & Slipper Clucth akan memudahkan down shift sehingga akan terasa mulus tanpa adanya back torque pada mesin. 155 cc VVA merupakan mesin generasi terbaru 155 cc teknologi VVA akan menghemat bahan bakar karena buka tutup katup sesuai beban dan kondisi mesin. Menggunakan ban dengan ukuran 100/80-17 depan, 140/70-17 belakang jelas akan terasa mantab dalam berkendara desain velg terbaru di padukan suspensi depan Upside Down. Bagian dasboard sudah mengadopsi Full LCD.


Honda All New CBR150R
Honda All New CBR150R

Honda All New CBR150R DOHC Engine 4 Valve

Produk yang sudah dirilis oleh AHM ini merupakan gen ke 3 Honda CBR yang di rilis oleh AHM. Mengusung mesin DOHC 4 valve mesin generasi terbaru di anggap lebih power full di banding mesin generasi sebelumnya. Honda mendesain ulang sang sport fairing dengan desain tajam penggunaan lampu LED secara keseluruhan desain yang agresif tampil semakin  sporty.

Menggunkaan rangka truss frame yang lebih rigit membuat handling akan semakin sempurna. DOHC Engine menghasilak tenaga puncak sekitar 17, 1 PS dengan torsi mencapai 13,7 Nm di padukan transmisi 6 Speed. Speedometer sudah mengadopsi Full digital LCD. Ukuran ban depan 100/80 - 17 unutk belakang 130/70-17 tubeless di padukan desainveleg terbaru.
Suzuki GSX-R150 DOHC Engine
Suzuki GSX-R150 DOHC Engine

Suzuki GSX-R150 DOHC Engine.
Suzuki juga baru saja memperkenalkan produk terbaru sport fairing 150cc GSX-R150 ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 yang lalu. MEngusung mesin DOHC Engine Over Bore yang memberikan keuntungan tersendiri yaitu putaran mesin yang lebih tinggi sangat cocok dipakai untuk harian maupun race. Desain body yang lebih ramping sudah menggunakan lampu LED secara keseluruhan akan semakin sporty.

Penggunaan ukuran ban 90/80 depan dan 130/70 belakang di lihat dari bannya menggunakan Dunlop. Tipe mesin liquid cooler 147,3 cc Injeksi, dengan daya maksimum 19,17 HP dengan torsi sebesar 13,9 Nm 6 Speed. Memiliki bobot kosong kendaraan sebesar 126 kg merupakan yang paling ringan di antara motor sport fairing 150cc. Panel instrumennya sudah full digital dan terdapat Shift light atau indicator perpindahan gigi.

Yamaha New R15 Assist and Slipper Clutch diperkenalkan Rossi dan Vinales


New Yamaha R15
New Yamaha R15
Yamaha telah resmi merilis R15 MY 2017, dan sudah dilengkapi dengan Assist and Slipper ini yang pertama unutk motor 150 cc dan juga telah menggunakan suspensi depan Upside Down. Untuk spesifikasi resmi belum di ketahui kayaknu bakal menaikkan kubikasi menjadi 155 cc. Dilihat dari tampilan luar new R15 memberikan tampilan yang gagah dan sporty dengan menggunakan dual headlamp LED memaksimalkan cahaya saat rider berkendara malam hari bagian depan sudah menggunakan air ram yang merupakan standart motor sport.

bagian body samping terkesan desain yang meruncing di tambah bagian buritan samping terdapat rongga memberikan kesan sporty. bagian kenalpot menggunakan model terbaru yang memiliki desain dan ciri kas sendiri tanpa harus mengorbankan performa R15 yang sudah terbukti di arena balap nasional maupun asia.

Masuk pada bagian tangki bahan bakar terdapat lekukan tegas memberikan kesan kekar, akan motorsport 150cc. Tidak lupa Yamaha juga mempertahankan desain swing arm model banana merupakan pelopor di kelas 150 cc, dan hanya yamaha yang menerapkan swing arm model banana dibandingkan sesama merk jepang.


Yamaha juga memepertahankan rangka mesin menggunakan deltabox yang ringan dan kokoh terinpirasi dari motor balap Motogp. Penggunaan rangka deltabox memberikan kesan padat pada bagian tengah dan tidak terlihat kopong. Bagian veleg yamaha memberikan update  terbaru dengan desain yang sporty di balut roda depan dan belakang yang cukup lebar, memberikan rasa aman saat menikung ataupun cornering.


Perbedaan Knalpot Racing Slip On Dan Full System


Logo Akrapovic
Logo Akrapovic
Masih banyak pecinta motor yang masih bingung dengan jenis knalpot Racing slip on dan Full System kedua klnalpot ini pasti di tanyakan oleh penjual, di toko tempat anda membeli knalpot. Banyak motor untuk keperluan balap yang sering memakai jenis Full system yang di desain memang untuk keperluan balap, berikut perbedaan kedua knalpot tersebut.

Knalpot Racing Slip ON Jika kita mengganti knalpot jenis Slip On, berarti kita hanya mengganti jenis tabung knalpotnya saja tanpa dibarengi dengan exaus manipolt atau header knalpot. Motor yang cocok unutk penggunaan knalpot Slip On hanya tertentu saja misalnya motor 250 cc seperti Kawasaki ninja 250, Z250, Yamaha R25.

Kelebihan dari Knalpot Slip On

Dari segi harga akan lebih ekonomis, namun tidak kalah performa dengan knalpot Full System

Kekurangan Knalpot Slip On
Suara yang dihasilkan kurang maksimal, karena ukuran silincer untuk merk tertentu tidak sama sehingga sulit di pasang secara sempurna dengan silincer standar, akibatnya performa dan suara yang dihasilkan kurang maksimal.

Knalpot Racing Full System
Kanalpot yang di buat mulai dari tabung hingga header utuh sampai silincer penggantian dilakukan secara utuh jenis ini tersedia di semua jenis sepeda motor.

Kelebihan Knalpot Full System
Knalpot jenis ini dapat menghasilkan suara dan performa yang maksimal, alangkah baiknya jika menggunakan knalpot jenis ini kita juga membuat perubahan pada setingan mesin, sehingga tenaga mesin akan bmeningkat dibandingkan dengan knalpot standar. 

Kekurangan Knalpot Full System
Knalpot jenis ini biasanya di bandrol lebih tinggi kita harus melakukan seting ulang mesin untuk mendapatkan performa yang baik seperti sistem pengapian dan pengabutan bahan bakar.

Itulah penjabaran kali ini tentang perbedaan knalpot Slip On dan Full System, tinggal anda mau pilih yang mana harga ekonomis atau performa maksimal. Semoga bermanfaat....

Vinales: Sangat Penting Menjaga Hubungan Dengan Valentino Rossi

Maverick Vinales
Maverick Vinales
Maverick Vinales menegaskan hubungan baik dengan rekan setim merupakan modal bagus unutk kompetisi menuju kejuaraan MotoGP, pasalnya hubungan baik bisa mempengaruhi kinerja tim dalam pengembangan motor kedepan demi menghentikan dominasi Marq marquez. Para penggemar Fans Yamaha bertanya, akankah hubungan Vinales dengan Rossi bisa akur tanpa adanya konflik seperti yang terjadi dengan Lorenzo pawa waktu masih satu tim.

Vinales menegaskan dia selalu punya respek dan rasa hormat terhadap rekan setinnya itu Valentino Rossi merupakan seorang senior dan idolanya. Dia selalu menaruh rasa Hormat dari sang seniornya itu dan membangun hubungan baik ke depannya.

Hubungan baik dengan  rekan setim merupakan modal yang sangat penting yang dimiliki Yamaha demi merebut persaingan gelar juara dunia. Musim 2017 Marq Marquez bakal menjadi unggulan karena sudah terbiasa dengan motor honda, tidak seperti pembalap lain, Lorenzo, Ianone akankah masih beradaptasi motor dan tim barunya.

Valentino Rossi juga memprediksi bahawa musim 2017 akan berjalan sangat menarik banyak pembalap Top yang pindah tim, meskipun dalam perebutan gelar juara dunia tidak akan mudah. Kita bisa lihat nanti akankah Jorge Lorenzo bakal kompetitif seperti saat di Yamaha, dengan pindah tim menggunakan motor Ducati. 

Maverik Vinales melakukan adaptasi dengan motor Yamaha terasa sangat cepat, ini bisa kita lihat pada saat tes di valencia tahun 2016 lalu. Vinales sendiri mempunyai target juara dunia tahun ini, dengan modal pengalamannya 2 tahun bersama Suzuki.vinales yakin pengalamannya menjadi modal yang sangat penting unutk meraih gelar juara dunia bersama yamaha. Apalagi tahun lalu Vinales mampu memenangi satu seri bersama suzuki.

Ducati Resmi Merilis Desmosedici GP 17 untuk Balap Musim 2017


Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo




Ducati secara resmi telah merilis motor balap unutk musim MotoGP 2017, desmosedici GP 17. Banyak perubahan dari sisi fairing tanpa adanya winglet karena penggunaan winglet telah di larang namun Ducati sepertinya telah mengembangkan fairing yang di desain maksimal seperti winglet. Ducati merilis resmi Desmosedici GP 17 berarti menjadi tim yang kedua setelah Yamaha yang merilis Motor Balapnya.

Desain livery masih tetap sama sepeti motor musim 2016, namun ada penambahan logo Flrx Box dan Leon Cupra entah ini sponsor apa perlu cari tahu dulu. Jorge Lorenzo dan Andrea Dovisiozo secara resmi di perkenalkan ke public sebagai pembalap remi pabrikan yang sebelumnya Lorenzo membela pabrikan Yamaha menggantikan Andrea Ianone. Tes pramusim akan di jadwalkan di sirkuit sepang tanggal 30 januari - 1 februari yang akan datang, namun ducati akan menjalani tes privat terlebih dahulu tanggal 25-27 Januari oleh pembalap Casey Stoner dan Michele Pirro,

 
Menurut Gigi Dall"Igna musim 2016 merupakan musim yang sangat menarik, motor yang di tes di valencia tes pramusim tidak mengalami banyak kendala dan akan di tes lagi oleh Casey Stoner dan Michelle Pirro
Dengan masuknya Lorenzo menurut  Gigi Dall"Igna maka tujuan utama Ducati sekarang menjadi penantang utama juara Dunia tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya. Lorenzo mengatakan bahwa musim 2017 merupakan musim yang penuh optimis meskipun banyak pembalap cepat di track nantinya.

Motor Ducati yang di tampilkan sangat mirip dengan saat tes di valencia november 2016 namun bedanya saat itu masih menggunakan winglet. So semoga berguna informasi ini bagi penggemar balap, kita tunggu hasil tes di sepang 30 Januari - 1 Februari 2016 mendatang.

Suzuki Ajak Pemilik Dealer Test Ride GSX-R 150 dan GSX-S150


GSX-R150
Test Ride Produk Suzuki
Momen yang penting memperkenalkan produk terbaru suzuki, para pemilik dealers diajak test ride produk anyar yang segera di perkenalkan ke publik yaitu GSX-R150 dan GSX-S 150. Pertemuan yang di gagas oleh PT suzuki Indomobil Sales dengan 44 perusahaan yang menjadi main dealer  dan 5 perusahaan leasing yang menjadi mitra SIS.

Dalam acara ini dilakukan sesi test ride untuk mencoba kedua produk anayar suzuki tersebut, hal positif yang dirasakan oleh para peserta test ride adalah dalam hal performa sport bike 150 cc ini sesuai dengan perkembangan anak muda jaman sekarang yang menginginkan motor sporty berkelas dengan performa yang sangat memuaskan. Para peserta test ride sangat yakin bahwa produk sport bike 150 suzuki tersebut bisa sukses di pasaran Indonesia.

Motor sport bike 150 Suzuki mempunyai bobot yang sangat ringan, dengan konfigurasi mesin DOHC over bore yang membuat performa motor ini terbaik di kelasnya. Tidak hanya itu Suzuki me remaping elektronik mesin yang disebut mirip seperti Satria 150 Injeksi yang membuat akslerasi motor lebih cepat namun tetap irit bahan bakar dalam pemakaian sehari hari.

Susuki ingin kembali menjadi idola anak muda masa kini dengan di rilisnya GSX-R150 dan GSX-S150. SIS melakukan promo harga spesial sampai akhir maret unutk produk GSX-R150 dan GSX-S150, yaitu dengan masing-masing Rp 27,9 juta untuk GSX-R150 dan Rp 23,9 juta untuk GSX-S150 OTR Jakarta.




Movistar Yamaha Resmi Meluncurkan Motor Musim 2017


Tim Movistat Yamaha akhirnya merilis secara resmi livery motor yang akan digunakan musim balap 2017. Di saksikan oleh ke dua pembalap Yamaha maverick Vinales dan Valenino Rossi bertempat di madrid, motor yang digunakan musim ini di dominasi oleh warna biru dengan tampilan logo huruf M yang besar oleh sponsor utama Yamaha Movistar.

Di lihat dari desain sekilas memang tidak banyak berubah, namun dari sisi mesin Yamaha melakukan perubahan melihat musim 2016 kalah dari Honda. Maverick Vinales menjadi tandem Rossi karena Jorge Lorenzo pindah ke Tim Ducati. Pihak Yamaha berharap dengan motor YZR-M1 versi 2017 kedua pembalap mampu membawa Yamaha kembali ke posisi puncak



Bisa kita lihat grafis logo Movistar sebagai sposor utama, ada monster energy, pada bagian samping motor, namun sponsor yamaha indonesia belum menempel pada motor cuman hanya pada baju balap kedua pembalap tertulis semakin didepan. Staf senior Yamaha mengatakan bahwa motor ini memiliki basis yang sama dengan versi 2016 namun seiring waktu test pra musim akan terjadi perubahan secara bertahap.

Sementara itu tim merah Ducati akan merilis motor versi 2017 besak di markas pusat Dycati Bologna Italia di hadiri oleh kedua pembalap Ducati Jorge Lorenzo dan Andrea Dovisiozo.  Suzuki Ecstar bakal memperkenalkan kedua pembalap anyar, Andrea Iannone dan Alex Rins di Sirkuit Sepang, Malaysia 29 Januari 2017.

Sedangkan Repsol honda bakal merilis motor terbarunya di Indonesia pada tanggal 3 Pebruari 2017. Pada 20 Februari 2017, KTM akan mempresentasikan Pol Espargaro dan Bradley Smith sebagai Tim paling baru di MotoGP, sementara itu Aprilia gressini belum menentukan tanggal pasti peluncuran.

Suzuki GSX-R150 Harga Promo 27,9 Juta. GSX-S150 Harga Promo 23,9 Juta Rupiah


GSX-R150
GSX-R150
Pabrikan suzuki mulai bangkit dengan senjata dua motor sport, yakni  GSX-R150 yang memiliki harga jual di seting 29 jutaan dan GSX-S150 dengan bandrol harga sekitar 27,9 juta. Secara resmi SIS mengadakan promo selama 3 bulan sampai akhir maret  nanti  GSX-R150 di jual dengan Harga Promosi 27,9 Juta Rupiah OTR jakarta. Sedangkan unutk Suzuki GSX-S150 bakal di jual dengan harga promo sekitar 223,9 juta Rupiah OTR jakarta.

Harga promo tersebut mulai berlaku hari ini 18-01-2017 unutk louncing resmi sekitar bulan Februari. Sangat menarik dengan harga promo diharapkan banyak konsumen yang membeli produk terbaru dari Suzuki ini.  Untuk harga normal akan di mulai 1 april 2017 untuk Suzuki GSX-R 150 adalah 29,9 Juta rupiah sedangkan untuk GSX-S150 adalah 25,4 Juta rupiah OTR jakarta.
GSX-S150
GSX-S150
Fitur yang di berikan untuk GSX R150 sudah menggunakan kunci keyless sedang untuk GSX-S150 belum menggunkan kunci keyless. Kehadiran motor sport dari suzuki akan memberikan banyak pilihan bagi konsumen indonesia bisa kita ambil contoh Honda mempunyai produk unggulan unutk sportnya CBR150R dan CB150R, sedangkan unutk Yamaha mempunyai tiga varian di kelas 150 cc yamaha Xabre, Vixion advance, dan R15.

Spesifikasi mesin All New Suzuki GSX R150 dan GSX S150 2016 ini kabarnya mempunyai tenaga lebih besar satu tingkat di banding dengan satria F150 injeksi, dan mesinnya sendiri katanya hampir sama menggunakan mesin Satria F150 injeksi dengan satu silinder, 150cc, DOHC 4-katup, Fuel Injection, berpendingin cairan  dengan transmisi 6 speed.

Diam diam Yamaha Refresment Fino 125 Tahun 2017


Yamaha Fino 125 2017
Yamaha Fino 125 2017
Yamaha secara diam diam sudah menyiapkan refresment motor skutic Yamaha Fino 125, model 2017 memberikan beberapa pilihan warna baru seperti warna doff seperti gambar di atas. Untuk pilihan warna yang hadir versi 2017 diantaranya, merah, putih, doff, dan two tone color hitam putih.  Sudah mengusung teknologi terbaru dari Yamaha BlueCore berpendingin udara. Yamaha Fino ini memiliki kapasitas mesin 125 cc SOHC yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 9.52 PS pada 8000 rpm dengan torsi puncak mencapai 9.6 Nm pada putaran 5500 rpm. 

Mengusung mesin BlueCore akan membuat pemakaian bahan bakar lebih irit, meskipun irit namun tidah berpengaruh pada performa motor karena menggunkan mesin yang rendah gesekan sehingga mengurangi beban tenaga yang di hasilkan oleh mesin. Blue Core menjadikan kondisi mesin stabil tidak gampang panas. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari Yamaha apakah ada perubahan dari sektor mesin.
 
Yamaha Fino 125 2017
Yamaha Fino 125 2017
Jika kita lihat samar samar ada penggunaan lampu utama menggunakan Projector memang akan terlihat cukup menarik dengan adanya diferensiasi ini akan meiliki nilai lebih. apakah mesinnya mengusung teknologi terbaru seperti SSS start stop sistem kemungkinan sih harus Yamaha mio 125 saja sudah memakai sistem ini. Ukuran roda masih menggunakan ring 14 inci, kabar yang berhembus di dunia maya kompetitor Fino 125 yaitu Honda scopy bakal memakai ban dengan ring 12 inchi benar atau tidak kita tunggu perilisan resmi nya.

Kita masuk bagian sistem pengereman sudah menggunakan cakram bagian depan sedang belakang mengunakan tipe drum tromol, unutk ukuran roda depan belakang kayaknya ada peningkatan lebih besar. Penggunaan fitur teknologi yang cangggih dengan desain yang retro motor ini akan banyak diminati oleh konsumen terlebih dengan bandrol harga yang lebih kompetitif.

Kita bisa simpulkan bahwa motor matik Yamaha Fino 125 memiliki teknologi yang paling baik, dapur pacu dengan responsif di tambah lagi sudah fuel injection tentunya emisi gas buang lebih sempurna dan pemakaian bahan bakar akan lebih irit. Yamaha Fino 1225 memiliki panjang 1.870 mm lebar 700 mm dan tinggi sekitar 1.066 mm tentunya akan sangat nyaman sekali terlebih motor hanya memiliki berat 98 kg akan sangat mudah dikendarai kusunya para kaum wanita dengan desain yang trendy dan menarik.

Tanda Roller CVT Sudah Waktunya Ganti

Roller CVT
Roller CVT
Bagi pemilik kendaraan skutic ada beberapa gejala yang timbul getaran saat tarikan awal yang cukup mengganggu sehingga mengurangi kenyamanan dalam berkendara serta menurunnya tenaga mesin. 

Penyebab di atas bisa salah satu gejala ausnya komponen CVT yaitu bagian roller yang bentuknya sudah tidak bulat lagi. Roller CVT aus biasanya di sebabkan oleh debu dan umur pemakaian, awet tidaknya roller tergantung dari cara kita berkendara sebaiknya diganti setelah 3 tahun atau sekitar 35000 km.


Roller pada skutic umumnya ada 6 biji berbentuk silinder yang terbuat dari bahan atom plastik, dimana cara kerjanya bergesekan dengan pulley sehingga roller bisa aus dan berubah bentuh tidak seperti awal saat kondisi baru. 

kalau sudah aus biasanya putaran pulley tidak smooth karena gerak face movable drive yang di picu oleh  desakan roller pemberat  tidak sempurna maka saat akslerasi akan terjadi vibrasi atau getaran sebaiknya di bawa ke bengkel resmi untuk diganti.

Berikut tanda kerusakan pada bagianCVT.

1. Roller(primary sliding sheave) bila terjadi aus biasanya terjadi vibrasi atau getaran saat akslerasi dan tenaga motor berkurang.

2.Mangkuk kopling bila sudah aus tenaga motor akan berkurang, jarak antara kampas kopling dengan mangkuk kopling sudah lebar, sudah waktunya unutk di ganti.

3.Kampas kopling sentrifugal, berfungsi menekan mangkuk kopling yang nantinya di teruskan ke putaran roda.

4. Sliding(secondary sliding sheave) komponen ini berhubungan dengan V belt bila sudah aus akan menyebabkan V belt tidak bisa bergerak sempurna dan berpengaruh pada tenaga motor.

5. Secondary Fixed Sheave Comp perlu kita cek lobang pin guide nya sudah melebar atau belum.

6. Corong CVT, bila rusak atau aus ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor mengenai  v-belt, kampas kopling dan lainnya menjadi slip.

itulah beberapa analisa kerusakn bagian tranmisi CVT skutic yang sering bermasalah, ada baiknya di periksa secara teratur unutk memperpanjang umur kendaraan anda



KTM Akan Merilis Duke 250 di Indonesia


ktm_duke_250_2017
KTM Duke 250 Model 2017
Agen Pemegang Merek (APM) KTM di bawah 400 cc PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) bersiap merilis KTM Duke 250 Model 2017 di Indonesia. meski tahun ini PJLM masih disibukkan dengan penambahan jaringan diler baru dan pendistribusian inden ke konsumen bukan berarti tidak akan merilis produk terbaru.

"Tapi baru akan dirilis setelah kuartal ketiga. Belum ada jadwalnya karena pastinya menunggu Eropa launching baru setelahnya Asia," ujar kristanto Goenadi, Presdir PT PJLM. Berdasarkan dari pernyataan tersebut bisa dipastikan KTM Duke 250 akan di rilis sekitar bulan oktober 2017. Meski belum di luncurkan secara resmi KTM Duke 250 model 2017 sudah banyak foto foto yang tersebar di dunia maya baik itu social media, blog, dan majalah.

 Desain KTM Duke 250 model 2017 mempunyai warna khas KTM orange terdapat warna hitam putih pada bagian buritan belakang, menggunakan suspensi upside down, Model kenalpot baru dengan desain yang lebih besar untuk memenhi standar emisi Euro4. Tidak lupa pada bagian shroud dan headlamp KTM mendesain lebih racy dan sporty.

Mengusung mesin satu silinder 248,8 cc DOHC dengan power maksimum 30.5 dk pada 9000 rpm sudah memenuhi standar Euro4. KTM Duke 250 2017 sudah mengaplikasi lampu depan model LED dan panel instrumen dengan layar TFT. Sistem knalpot sudah menggunakan model baru meninggalkan model underbelly dengan desain konvensional menyamping, kemungkinan unutk menambahkan catalis conventer untuk memenuhi standar Euro4.

KTM Duke 250 Model 2017 sudah mengaplikasikan sistem pengereman ABS dengan ukuran cakram depan 300 mm dan 230 untuk cakram belakang. Kapasitas tangki bahan bakar juga memuat lebih banyak hingga 13,4 liter ini berarti lebih banyak ,4 liter dari versi lawas.




KTM RC200 Meluncur 19 Januari 2017


KTM RC200
Perkembangan otomotif yang semakin pesat, pabrikan berlomba lomba merilis produk terbaru dengan harga yang semakin kompetitif dengan nilai value yang lebih. Di indonesia hampir semua pabrikan merilis motor di bawah 250cc seperti kawasaki ninja 250Fi, Yamaha r25, Honda CBR250RR, Suzuki Inazuma 250. Kali ini KTM bakal merilis RC200 yang mempunyai gen racing, brand KTM sendiri merupakan brand eropa yang mencoba keberuntungan di pasar motor tanah air. Tidak diragukan lagi pabrikan yang identik dengan warna orange dan motor enduro yang ganas memenangi Reli Dakar bakal merilis motor sport fairing yang di rilis di India setelah itu kemungkinan oleh APM di Indonesia juga akan dipasarkan.

Motor KTM RC200 terbaru 2017 bakal segera di rilis di India 19 Januari 2017 yang akan datang, produksi tahun 2017 bakal mendapatkan update baik secara tampilan maupun teknis mesin. Motor ini bakal memenuhi standar Euro 4 dengan pembaharuan dari sisi elektronik dan exaus model terbaru. KTM RC200 mengusung mesin 4 tak 199.5 cc mengunakan pendingin cairan diklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 25 PS pada putaran mesin 10.000 rpm dan torsi sebesar 19,2 Nm pada putaran 8000 rpm.

Untuk kaki-kaki depan, KTM RC 200 memakai sepasang upside down berdiameter 43 mm. Suspensi ini akan semakin memanjakan rider, dipadu dengan sistem pengereman cakram depan berteknologi ABS. Sedangkan bagian belakang tetap dengan monoshok dan juga menggunakan pengereman cakram. 

Di indonesia motor kategori sport fairing dengan cc dibawah 250cc semakin di minati, terbukti pabrikan jepang sudah terlebih dahulu bermain di segmen ini Kawasaki, Yamaha, Honda. Motor sport fairing di bawah 250 cc paling banyak diminati karena harganya yang cukup terjangkau oleh masyarakat Indonesia, pabrikan KTM yang berasal dair Austria ini mencoba memasarkan produk di bawah 250 cc di Indonesia terbukti banyak masyarakt Indonesia yang sudah memiliki tipe ini. KTM RC 200,250 merupakan gen racing dari KTM Moto3 yang diturunkan ke motor produksi masal.

20 Januari, Ducati Presentasi Tim MotoGP


Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo Ducati Corse
Tim Ducati Corse secara resmi mengumumkan tanggal peluncuran motor mereka yang digunakan untuk musim balap MotoGP 2017, Peluncuran ini akan berlangsung pada tanggal 20 januari 2017 Bertempat di Auditorium Ducati. Sebelumnya Yamaha juga mengumumkan tanggal perilisan motor mereka pada tanggal 19 januari di Madrid Spanyol. Motor Ducati akan di tampilkan ke publik pada pukul 10.30 waktu setempat akan di siarkan secara langsung melalui streaming Facebook dan website resmi Ducati.

Peluncuran ini akan dihadiri oleh kedua pembalap mereka Andrea Dovizioso dan tandem barunya, Jorge Lorenzo, serta para petinggi Ducati Corse, seperti sang general manager, Luigi 'Gigi' Dall'Igna; sang sporting director, Paolo Ciabatti dan CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali. Ada juga perwakilan dari tim satelit Pramac Racing, Aspar Team dan Avintia Racing diperkirakan akan hadir. Meski begitu belum diketahui apakah test rider resmi Ducati, Casey Stoner dan Michele Pirro akan datang.

Stoner dan Pirro akan menjalani uji coba tertutup di Sirkuit Sepang, Malaysia pada tanggal 25 Januari menggunakan motor terbaru Desmosedici GP17, sebelum benar-benar diambil alih oleh Lorenzo dan Dovizioso dalam uji coba remi pramusim di tempat yang sama pada 30 Januari-1 Februari.

Ducati musim 2016 membuat kemajuan pesat dengan mencuri kemenangan lewat kedua pembalap mereka Andrea Dovisiozo dan Andrea Ianone dengan satu kemenangan masing masing pembalap diantaranya GP Austria dan GP Malaysia. Sejak musim 2009 Ducati selalu berada di peringkat tiga klasemen akhir pabrikan di bawah pesaing mereka yamaha dan honda.

Padahal musim 2007 Ducati berhasil menjadi juara dunia lewat pembalap mereka casey stoner. Musim ini Ducati mengandalkan kedua pembalap mereka Andrea Dovisiozo dan Jorge Lorenzo

Perbedaan Aerox Tipe S di Banding Tipe Lain

Yamaha aerox tipe S
Yamaha aerox tipe S
Motor didesain agresif dengan bentuk lebih sporty dibandingkan motor matic sekelasnya. Sudah mengadopsi teknologi Blue Core akan membuat pemakaian bahan bakar lebih irit dengan akslerasi semakin cepat. Yamaha melengkapi dengan berbagai fitur canggih yang belum di aplikasikan ke motor sekelasnya. Yamaha Aerox 155 S Version merupakan tipe tertinggi di bandingkan Aerox 155 tipe yang lain, motor ini di bandrol dengan harga sebesar Rp 26.150.000 OTR Jakarta dengan pilihan warna White dan Matte Blue. Kira kira fitur apa yang menyebabkan Aerox 155 tipe S memiliki harga yang paling tinggi berikut perbedaannya.

1. Amart Key merupakan kunci dengan sistem ayng canggih tanpa anak kunci (Keyless) yang semakin praktis memudahkan pencarian motor saat di tempat parkir.
2. Sistem rem telah mengadopsi  teknologi Anti-lock Brake System (ABS) yang membuatnya semakin aman pada waktu pengereman.
3. Menggunakan emblem 3D unutk tulisan AEROX dengan warna chrome, tidak seperti tipe lain yang masih menggunakan sticker.
4.Konsumsi bensin lebih irit mengadopsi teknologi Stop & Start System (SSS) yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat berhenti, mesin langsung nyala saat trootle gas di buka.
5. Model cat mengadopsi doff yang minim striping sehingga memberi kesan elegan dan mewah.

itulah beberapa keunggulan Aerox 155 versi ABS maka tidak heran jika Yamaha Indonesia membandrol harga paling tinggi untuk tipe S ini, karena dari segi fitur merupakan yang paling lengkap, akan tetapi untuk tipe S ini belum di aplikasikan suspensi belakang model tabung tidak seperti tipe R, seandainya menggunakan suspensi tabung dengan warna emas pasti dari segi tampilan akan lebih menarik dan sporty.

Maverick Vinales Akan Mengunjungi Indonesia


Maverick Vinales
Maverick Vinales
Kabar gembira bagi pecinta MotoGP Tim Yamaha di Indonesia, Pembalap Yamaha Maverick Vinales akan mengunjungi Indonesia tanggal 22-23 Januare 2016. Kedatangan Vinales untuk peluncuran produk Yamaha Indonesia. Menurut rencananya peluncuran produk baru Yamaha akan di gelar di Sirkuit Sentul Bogor, Namun untuk produk apa yang di luncurkan masih misteri, apa kira kira Yamaha Aerox 155 ya.

Kehadiran Vinales diharapkan akan menyapa Fans MotoGp di Indonesia kususnya Yamaha sebab Fans Vinales Cukup banayak yang ada di indonesia. Kunjungan ini tidak di barengi oleh rekan setim Vinales Valentino Rossi karena cukup sibuk mempersiapkan motor yang akan di pakai di tes sepang. Selama ini Vinales belum pernah datang ke Indonesia, jadi ini merupakan yang pertama bagi pembalap asal Spanyol itu menyapa fansnya di tanah air. Sementara Valentino Rossi, sering di undang Yamaha Indonesia dalam berbagai acara promosi dan marketing.

Meski tanpa kehadiran Valentino Rossi Yamaha cukup yakin jika Maverick VInales juga bisa mengobati rasa senang atas kehadiran pembalap MotoGPdi Indonesia oleh Fans Yamaha. Agenda tanggal 23 januari 2017 Vinales akan menyapa fans Yamaha MotoGP di sirkuit Sentul meski belum diketahui sgenda apa yang akan dilakukan Vinales di Sirkuit Sentul.

Vinales merupakan juara dunia Moto3 pada tahun 2013 dan merebut posisi ke 4 klasemen bersama Suzuki MotoGP akhirnya musim 2017 akan membalap bersama Yamaha menjadi tandem valentino Rossi unutk menggantikan Jorge lorenzo yang pindah ke tim italia Ducati.

Sam Sunderland menjadi pembalap Inggris pertama yang sukses menjuarai Reli Dakar 2017 kategori motor

KTM Rally Dakar
KTM Rally Dakar

Pembalap KTM muncul sebagai kandidat kuat pada saat stage5 setelah dua rival utamanya Joan barreda (Honda) dan Toby Price (KTM) keluar dari perebutan gelar. Price juara bertahan terpaksa tidak bisa meneruskan perebutan gelar di sebabkan patah tulang paha karena kecelakaan pada saat race di stage 4, sedangkan Joan barreda terkena pinalti karena mengisi bahan bakar di di zona netral.

Kemenangan Sunderland pada stage 5 membuat ia memimpin puncak klasemen dengan keunggulan 12 menit. Pesaing terdekat Pablo Quintanilla (Husqvarna) yang menjadi pesaing terdekat perebutan gelar terpaksa mundur karena mengalami cedera kepala terjatuh di stage 10.

Sunderland menyelesaikan Stage 12 San Cuarto ke Buenos Aires dengan Special Stage (SS) 64 km dengan unggul 32 menit dalam klasemen pembalap. Kesuksesan ini menjadikan KTM meraih gelar ke 16 Kategori Motor Rally Dakar. Kemenangan ini masih bersifat sementara karena menunggu banding dari pabrikan Honda karena pembalapnya terkena pinalti 1 jam. Pertarungan sengiut juga terjadi antara pembalap privater KTM  Gerard Farres dan pembalap Yamaha Adrian van Beveren.

Klasemen Akhir Pembalap 10 Besar

PosisiPembalapMotorWaktu/Gap
1 Sam Sunderland KTM 32j06m22d
2 Matthias Walkner KTM +32m00d
3 Gerard Farres KTM +35m40d
4 Adrian van Beveren Yamaha +36m28d
5 Joan Barreda  Honda +43m08d
6 Paulo Goncalves Honda +52m29d
7 Pela Renet Husqvarna +57m35d
8 Franco Caimi Honda +1j42m18d
9 Helder Rodrigues Yamaha +2j03m06d 
10 Joaquim Rodrigues Hero +2j19m37d
Powered by Blogger.