Kemenangan Sempurna Rea, di Race 2 WSBK Assen

jonathan rea

Dominasi Kawasaki tidak berhenti di Race ke 2 WSBK Assen Belanda, kedua pembalap kawasaki mampu finis di posisi satu dan dua. Rea yang start dari posisi ke sembilan naik ke posisi ke 3 di lap ke tiga. Pembalap berkebangsaan Inggris ini langsung memburu di posisi terdepan, memasuki lap ke 4 Rea sudah mampu unggul dari pembalap Eugene Laverty dan Xavi Fores. 
Dominasi Rea mampu bertahan hingga pertengahan lap, di ikuti Tom Sykes di posisi ke dua dan Chaz Davies di posisi ke dua. Delapan lap terakhir Sykes mampu memberikan perlawanan dengan memangkas jarak. Saat memasuki lap terakhir Sykes memberikan perlawanan dengan menyalip Rea tepat di tikungan terakhir namun tidak berhasil. Rea finis di depan Sykes dengan keunggulan 0,025 detik.
Kemenangan ini begitu istimewa bagi rea, bertepatan dengan rekor yang ia buat start yang ke 200 dan mencetak tujuh kemenangan secara beruntun musim ini. 
“Saya harus bekerja keras untuk menghadapi balapan yang kedua ini. Terima kasih kepada fans atas dukungannya. Cuaca bagus, tapi tidak dengan angin yang kencang,” ungkap Rea
“Selamat  kepada Tom. Kawasaki finis 1-2 hari ini. Saya mengoleksi 11 kemenangan di Assen pada start ke-200. Saya sangat puas.”
Podium ke tiga di tempati oleh pembalap Ducati Davies yang race pertama gagal melanjutkan balapan. Pembalap tuan rumah Michael van der Mark finis ke empat, Alex Lowes di posisi ke lima.
Berkat kemenangan ini Rea semakin kokoh di puncak klasemen sementara, dengan perolehan poin 195, di ikuti Sykes 131 poin, Davies 111 poin, Melandri 97 poin, Lowes 76 poin.

All New Vixion dan All New Vixion R Apa Perbedaanya

All New Vixion R

Dua motor sport yang di rilis oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yakni All New Vixion dan All New Vixion R, kedua motor ini hampir mirip namun dari segi mesin dan beberapa part ada yang berbeda. Di bandingkan jversi sebelumnya motor ini kbanayak sekali perbedaan dari sisi teknis, desain dan konsep. Dari mesin ada upgrade dengan fitur assist & slipper clutch. fitur assist ini memungkinkan pengoperasian kopling akan semakin ringan sedangkan slipper clutch membuat perpindahan gigi akan semain halus sehingga akslerasi semakin cepat. 
Secara tampilan kedua motor ini hampir sama, kira kira apa yang membedakan antara All New Vixion dan All New Vixion R, berikut penjelasannya.
1. Sektor Mesin
Mesin yang di gunakan all New Vixion menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya dengan kapasitas 149,8 cc dengan beberapa upgrade. Untuk powermesin tersebut mampu mencapai 12.2 kW pada 8500 rpm dan torsi mencapai 14.5 nm pada 7500 rpm.
Untuk Vixion R menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha YZF-R15 dengan volume silinder yakni 155.1 cc dan power yang di hasilkan yakni 14.2 kW pada 10000 rpm dengan torsi puncak 14.7 Nm pada 8500 rpm. Bagian Gearbox All New Vixion masih menggunakan lima tingkat kecepatan sedangkan  All New Vixion R menggunakan enam tingkat percepatan.
2. Bagian knalpot
Bagian knalpot All New Vixion R menggunakan kanlpot yang sedikit lebih pendek dan dimensi sedikit lebih besar, kemungkinan unutk mendongkrak tenaga yang di hasilkan dari mesin.
3. Pilihan Warna
Unutk membedakan kedua produk tersebut tentunya pilihan warna juga akan berbeda, All New Vixion R tersedia beberapa pilihan warna, yakni matte red black, blue silver dan green white. Untuk All New Vixion dengan pilihan warna matte silver, red black dan matte black.
4. Swing Arm 
Untuk All New Vixion R menggunakan swing arm seperti punya Yamaha R15 model banana sementara untuk All New Vixion model Arm kotak seperti versi sebelumnya.
5. Ukuran Ban Depan Belakang
Untuk All New Vixion R menggunakan ukuran ban 90/80-17M/C 46P depan dan  130/70-17M/C 62P unutk ban belakang. Sedangkan All New Vixion ukuran ban 90/80-17M/C 46P depan dan 120/70-17M/C 58P belakang. 

WorldSBK Belanda: Rea Juara Race 1

Jonathan Rea

Meskipun start dari posisi ke empat akibat penalti grid tidak membuat rea kehilangan momentum untuk memenangkan WSBK di assen. Saat start di mulai terlihat dua Ducati mampu bersaing untuk memenangkan race namun Melandri hanya bisa tercecer di poisi ke empat.
Race ke 1 ini merupakan race yang kurang beruntung di alami oleh tim Yamaha, karena kedua pembalap Michael van De Mark dan Alex Lowes tidak bisa melanjutkan balapan. Balapan berlangsung seru dimana ada 4 pembalap yang bersaing di barisan terdepan yakni Davies, Rea, Sykes, Melandri
Memasuki pertengahan Lap Davies masih memimpin di depan Rea dengan keunggulan 0, 117 detik. Menjelang berakhirnya balapan perebutan posisi pertama semakin ketat, antara davies dan Rea. Memasuki dua lap terakhir motor yang di pakai Davies seperti kehilangan tenaga ia berusaha keras namun harus menerima kekalahan gagal di Assen

Akhirnya dengan mudah Rea berhasil finis lebih dulu dan memenangkan Race 1 WSBK Assen, dan memastikan kemenangan ke enam musim ini.
“Saya senang bisa menang di Assen. Sejak awal feeling saya baik dengan trek ini. Saya kesulitan dengan kecepatan saat balapan. Davies begitu rapat menutup ruang. Dia melakukan pekerjaan yang bagus,” ucap Rea usai balapan.
Posisi ke dua di tempati oleh rekan setimnya yakni Sykes, dengan begitu Kawasaki mendominasi hasil race kali ini, Marco melandri berada di posisi ke tiga, Xavi Fores di posisi ke empat.
Berkat kemenangan ini Rea semakin unggul di klasemen pembalap dengan 170 poin, Sykes di peringkat ke dua dengan 111 poin, melandri di peringkat tiga dengan 97 poin, davies di peringkat empat dengan 95 poin, lowes di peringkat lima dengan 65 poin.

AHM Merilis Skutic SH150i di IIMS

honda SH150i

Motor Skutic yang populer di Eropa Honda SH150i di rilis oleh AHM pada gelaran IIMS 2017, motor ini memenuhi gaya hidup kaum urban yang dinamis.
"Model ini telah melegenda selama 33 tahun di Benua Eropa, sehingga membuktikan banyaknya konsumen pecinta model tersebut. Sehingga kami yakin model ini dapat memberikan kepuasan bagi pengendara di Indonesia," pernyataan Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma.
Motor ini mengusung tema Styling Dynamic dan Light Feeling dengan desain garis body yang melengkung dari depan hingga belakang di tambah fitur standart skutic saat ini yaitu LED headlight serta lampu belakang dan senja.
Sudah mengusung fitur Honda Smart key terdiri dari switch On/Off, Answer Back System dan Anti Theft Alarm System sudah terintegrasi dengan unit remote. Ada pula tambahan fitur pengisi daya yang berada di dalam kotak konsol. 
Menggunakan mesin 150 cc eSP (Enhanced Smart Power SOHC) dengan tenaga maximum 14,6 hp dan torsi 13,9 Nm, mesin eSP sudah terintegrasi dengan ACG Starter menjadikan mesin halus ketika di nyalakan, serta membuat fitur Idling Stop System (ISS).
Frame body menggunakan high-tensile steel turbulat underbone rigit dan kuat. Velg diecast aluminium berukuran 16 inci menjadikan pengendalian lebih sempurna. SH150i sudah menggunakan dual damper swing arm dengan 5 tingkat pre-load bisa di sesuaikan dengan suspensi belakang. Untuk suspensi depan menggunakan 33 mm telescopic di padukan pengereman ABS (Antilock Braking System).
Motor ini hadir dengan pilihan warna Pearl Jasmine White, Poseidon Black Metallic dan Candy Luster Red dan di bandrol harga Rp 44,9 juta on the road DKI Jakarta.

New Honda CB650F Resmi dirilis Oleh AHM..

All New CB650F

AHM secara resmi merilis CB650F pada gelaran IIMS melengkapi varian Big Bike dengan harga Rp 235 juta OTR jakarta. Meskipun mesin masih terlihat mirip dengan versi sebelumnya, akan tetapi Honda telah melakukan update setingan untuk meningkatkan kiberja mesin 650 cc DOHC 4 silinder. 

Mesin dengan tenaga puncak lebih besar yakni 68,4 kW pada putaran 11.000 Rpm dengan torsi puncak mencapai 63,2 Nm pada 8.000 rpm. Dengan berbagai update tampilan diantaranya LED headlight, susupensi teleskopik dengan fitur teknologi Showa Dual bending valve (SDBV). Penyempurnaan saluran udara yang lebig pendek penyuplai empat bukaan throttle 32 mm dari Box udara.


Rasio gigi yang semakin pendek antara gigi 2 hingga 5, CB650F akan lebih kencang di bandingkan versi pendahulunya. Mesin telah menerapkan arsitektur internal yang compact 6 kecepatan 4 silinder dengan sudut kemiringan 30 derajat. Kepala silinder mengaplikasikan direct cam actuation DOHC 16 katup dengan rasio kompresi 11:4:1 

Velg aluminium palang enam dengan ukuran ban depan radial 120/70-17 dan ban belakang radial ukuran 180/55-17. Kaliper rem depan menggunakan piston ganjda dengan ukuran disk 320 mm dengan alur gelombang dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240 mm di tambah fitur ABS 2- chanel.

Tips Merawat Rantai Motor agar Awet

Rantai sprocket

Para pemilik kendaraan bermotor kususnya jenis bebek cub, dan sport rantai merupakan komponen yang sangat penting sebagai penggerak roda. Rantai rawan sekali aus jika tidak di rawat dengan baik, karena banyak sekali kotoran yang menempel pada mata rantai seperti debu yang bercampur dengan oli atau pelumas rantai. 

Biasanya musim hujan yang sering menyebabkan rantai cepat kendor yang di akibatkan oleh air hujan yang mengandung zat asam.

Nah bagi pemilik kendaraan bermotor ada beberapa cara mudah untuk merawat rantai agar awet dan tahan lama, ada beberapa tips untuk pembaca yang kesehariannya memakai kendaraan bermotor kususnya roda dua agar kondisi motor selalu siap di pakai mendukung aktifitas, berikut beberapa tipsnya.

1. Atur kekencangan rantai motor usahakan setelan sesuai buku pentunjuk kendaraan bermotor, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor. Bersihkan dari kotoran dan debu yang menempel, biasanya debu menempel di akibatkan oleh pelumas rantai yang kita gunakan. 

Periksa rantai dan bersihkan setiap 1000 km, usahakan untuk membersihkan jangan memakai bensin, gunakan air sabun dan kuas.

2. Mengecek kondisi rantai pemasangan pinnya sudah benar atau belum, Pemasangan rantai yang miring tidak senter dengan as roda bisa mengakibatkan rantai cepat kendor dan gigi roda cepat aus. 

3. Menggunakan pelumas kusus rantai, pelumas rantai mempunyai kekentalan yang berbeda di banding penggunaan oli mesin untuk melumasi rantai. Berikan pelumas secara merata sambil roda di putar, pelumas ini mencegah rantai berkarat dan melumasi roller rantai dan seal di dalam roller.




Pin rantai

4. Menggunakan Gear dan Rantai Asli, menggunakan gear dan rantai tidak sesuai spesifikasi motor dapat beresiko pada kerusakan. Di sarankan untuk memakai produk asli yang sudah terjamin kwalitasnya. 

Usahakan dalam mengganti rantai satu set bersamaan dengan gear agar selalu awet, jangan pernah memotong rantai yang sudah kendor ini sangat berbahaya dan tidak di sarankan karena mengurangi kekuatan rantai itu sendiri.

Itulah beberapa cara yang dapat di lakukan untuk merawat rantai motor agar bisa digunakan lebih lama dan mendukung aktifitas anda. Semoga berguna....


All New Vixion dan All New Vixion R 155 Resmi di Rilis Yamaha Indonesia

all new vixion

Sore ini 27 Mei 2017 Yamaha merilis dua produk andalan yakni All New Vixion 150 dan All New Vixion R 155 di booth yamaha IIMS 2017. Apa beda dari kedua produk yang di rilis tersebut. Vixion R telah menggunakan mesin yagn sama persis dengan R15 terbaru yakni VVA 155 cc sedangkan All New Vixion masih menggunakan mesin generasi sebelumnya 149 cc. 

Unutk ukuran ban juga berbeda Vixion R 155 memakai ukuran ban 130 untuk belakang sementara all New Vixion 150 untuk ban belakang mamakai ukuran 120. Untuk sasis masih sama menggunakan deltabox.

Peluncuran kedua produk Yamaha tersebut bertepatan dengan pembukaan event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Kemayoran. Produk ini merupakan salah satu legenda sejak di kenalkan ke konsumen Indonesia pada tahun 2007. Berdasarkan data AISI motor ini telah terjual ke konsumen sebanyak 2,5 juta unit samapi saat ini. Motor ini semakin mengukuhkan sebagai motor yang handal dan paling di minati konsumen sebagai motor yang tangguh dan handal.

all new vixion


keunggulan dari mesin All New Vixion terbaru sudah di lengkapi assist & slipper clutch. Fitur assist membuat kopling menjadi lebih ringan, sedangkan slipper clutch membuat perpindahan gigi lebih halus sehingga akselerasi semakin cepat. Mesin All New Vixion berteknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston yang membuat daya tahan mesin 3x lebih awet, 3x lebih kuat dan 3x lebih ringan.

Balutan body yang baru dengan konsep New Sporty Style dengan speedometer digital terbaru dan sapaan humanis “HI BUDDY” dapat di ubah sesuai keinginan nama pemilik. Lampu depan sudah mengadopsi LED dengan konsep yang agresif semakin terang dan membuat tampilan semakin sporty. Desain Under Cowl baru, telah menggunakan lampu hazard dan Pass beam memberi tanda lampu jauh serta fitur engine cut off agar lebih mudah mematikan mesin. Motor ini di jual dengan harga Rp.26.000.000,- OTR Jakarta. Distribusi unit ke dealer-dealer dilakukan pada awal Mei. ada tiga pilihan warna yakni Matte Silver, Red Black dan Matte Black.

Spesifikasi All New Vixion
Length x Width x Height                     1955 x 720 x 1025 mm
Wheelbase                                             1295 mm
Ground clearance                                165 mm
Seat height                                             795 mm
Curb weight                                           132 Kg
Fuel tank capacity                                 12 L
Engine type                                            Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Cylinder arrangement                          Single Cylinder
Bore x stroke                                         57 x 58.7 mm
Compression Ratio                               10.4±0.4 : 1
Cylinder Volume                                   149.8 cc
Maximum power                                  12.2 kW / 8500 rpm
Maximum torque                                  14.5 Nm / 7500 rpm
Starting system                                      Electric
Lubrication system                               Wet sump
Fuel system                                            Fuel Injection
Clutch type                                             Wet Type Multi-Plate Clutch
Transmission type                                 Manual
Frame type                                             Diamond
Front suspension                                  Telescopic
Rear suspension                                    Swing Arm
Wheel type                                            Tubeless
Front wheel                                           90/80-17M/C 46P
Rear wheel                                             120/70-17M/C 58P

Spesifikasi All New Vixion R
Length x Width x Height                     1950 x 720 x 1025 mm
Wheelbase                                             1320 mm
Ground clearance                                 165 mm
Seat height                                             795 mm
Curb weight                                           131 kg
Fuel tank capacity                                 11 L
Engine type                                            Liquid Cooled 4 Stroke, SOHC
Cylinder arrangement                          Single Cylinder
Bore x stroke                                         58 x 58.7
Compression Ratio                                11.6±0.4 : 1
Cylinder Volume                                   155.1 cc
Maximum power                                   14.2 kW / 10000 rpm
Maximum torque                                  14.7 Nm / 8500 rpm
Starting system                                      Electric Starter
Lubrication system                               Wet Sump
Fuel system                                            Fuel Injection
Clutch type                                             Wet Type Multi-Plate Clutch
Transmission type                                 Manual
Frame type                                             Diamond
Front suspension                                  Telescopic
Rear suspension                                    Swing Arm
Wheel type                                            Tubeless
Front wheel                                           90/80-17M/C 46P
Rear wheel                                             130/70-17M/C 62P

Tips Membersihkan Ruang Bakar Motor

kerak ruang bakar

Komponen utama yang berada di Head Silinder adalah ruang bakar, disini terjadi proses pembakaran bahan bakar yang dihasilkan percikan bunga api oleh komponen busi. proses pemkaran tersebut akan menjadi sumber tenaga bagi kendaraan, sempurnanya pembakaran akan berpengaruh pada tenaga motor yang dihasilkan. 

Jika ruang bakar kotor maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna atau di istilahkan detonasi. Detonasi terjadi akibat kerak pada ruang bakar sudah melebihi ambang batas, sehingga menimbukan pembakaran yang tidak sempurna.

Ruang bakar kotor bisa di akibatlam oleh pemakaian kwalitas bahan bakar yang buruk, atau nilai okotan yang rendah. Oli dan debu yang masuk ke ruang bakar juga menjadi penyebab utama ruang bakar menjadi berkerak. 

Ruang bakar bisa di bersihkan tiap 20.000 km atau menggunakan cairan kusus yang di semprotkan lewat lubang busi tanpa atau manifold tanpa harus bongkar mesin.

Langkah seperti apa pembersihan yang baik itu, berikut tipsnya
1. Melakukan pencegahan agar ruang bakar tidak kotor
Langkah penjegahan yang harus kita lakukan sebaiknya selalu menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya tinggi, nilai oktan yang tinggi maka kwaitas bahan bakar akan semakin baik karena timbal yang terkandung di dalamnya sedikit. 


Penggantian filter udara setipa 20.000 km atau tergantung kondisi lingkungan berdebu atau tidak, ini penting untuk menjaga ruang bakar agar selalu bersih. Periksa kebocoran oli ke ruang bakar seperti seal katup, ring piston sudah aus, boss katup kalau kompolnen ini aus maka oli akan mudah masuk dan terbakar dan mengakibatkan kerak pada ruang bakar.

2. Membersihkan kerak dengan cairan pembersih
Cairan pembersih untuk ruang bakar telah banyak di jual di toko toko, dalam bentuk kaleng denga sistem semprot atau (Spray). Kita semprotkan melalui saluran intake tapi terlebih dahulu filter udara harus di lepas. 

Setelah itu nyalakan mesin motor dengan RPM tidak terlalu tinggi pada saat bersamaan kembali semprotkan cairan pembersih. Ulangi cara tersebut sampai beberapa kali. Matikan mesin 10-20 menit lalu nyalakan lagi, tarik tuas gas rpm rendah sampai keluar asap putih hingga asap hilang. Penyemprotan yang lain bisa dilakukan melalui lubang busi.

Honda XRE Siap Meluncur di India


Honda India dikabarkan akan merilis motor Adventure terbaru, motor yang mengusung nama XRE300 bakal menjadi pesaing KTM390 di negara India tersebut. Informasi sudah berhembus motor ini akan di luncurkan pada semester 1 2017/2018
Motor ini pertama kali di luncurkan di brasil tahun 2009, atas kesuksesannya di brasil tersebut Honda berniat memboyong motor ini di india dan beberapa negara lain. Motor ini memiliki beberapa update di bandingkan versi terdahulu di antaranya seperti odometer digital dengan layar LCD.
Bagian kaki di buat lebih panjang dengan roda berukuran 21 inci dan belakang 18 inci, dengan penyempurnaan ini di harapkan akan mudah untuk menaklukkan lintasan off road dan berbagai bentuk medan jalan.
Mengusung mesin DOHC 291,6 cc dengan pendingin udara dengan gearbox 5 Speed, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 25,4 hp pada 7500 rpm dengan torsi puncak sebesar 27 Nm di 6000 rpm.
Honda India memang agresif mendatangkan produk baru demi menguasai pasar motor di India, selama ini pasar motor India di kuasai oleh Hero motor. Hero sebelumnya merupakan perusahaan patungan antara Honda dan Hero, di tahun 2014 hero memilih pisah dan mengembangkan produk secara mandiri serta ingin melebarkan sayap ke Luar Negeri. Untuk harga, motor ini akan bandrol dengan harga antara Rp 30 juta hingga Rp 41,3 juta.
Kira kira kalau motor ini masuk Indonesia di rilis Oleh AHM bisa gak ya, cukup masuk akal dengan kubikasi di jadikan 250 cc.

Mengenal suspensi Upside Down

suspensi upside down

Suspensi Depan berfungsi sebagai penyangga dan penopang bagian depan motor, dan juga berfungsi sebagai sistem peredam kejut pada kondisi jalan ayng tidak rata. Suspensi depan memiliki bebarapa jenis diantaranya teleskopik dan upside down atau banyak dikenal dengan istilah USD. Yang akan kita bahas kali ini tentang susupensi Upside Down.

Suspensi Upside down biasanya dipakai oleh motor dengan spesifikasi premium unutk motor besar 1000 cc seperti Ducati, Honda, Yamaha, BMW,Suzuki, MVAgusta, Aprilia dll. 

Susupensi Upside down di pakai untuk motor balap dan juga bisa diaplikasikan untuk motor harian. Kelebihan suspensi ini akan tersa saat di pakai pada kecepatan tinggi,  tabung susupensi berada diatas posisi ini membuat suspensi mampu meredam lebih banyak getaran dibanding model teleskopik konvensional. 

Suspensi Upside Down memiliki kemampuan redam dan tingkat kekakuan yang lebih baik sehingga lebih stabil. Karakter redaman yang lebih kenyal membuat roda tidak liar ketika cornering (belok rebah) atau akselerasi. 

Walaupun demikian shockbreaker upside down ini juga memiliki kelemahan yang sangat jelas sekali yaitu bantingannya lebih terasa keras jika dibandingan dengan jenis teleskopik ketika melalui jalan yang rusak. Suspensi jenis ini memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan suspensi teleskopik.

Kelemahan lainnya, adalah perawatan, pada tipe konvensional, komponen lebih sedikit, memudahkan saat bongkar pasang. Termasuk mudah untuk mengganti oli dampernya. Mengganti per pun mudah dengan membuka tutup garpu di bagian atas. 

Pada suspensi USD dengan semua kmponen di bagian bawah perlu langkah lebih banyak untuk membongkar pasang komponennya, termasuk ganti oli damper. Dan kondisi yang paling berbahaya ketika, oli suspensi USD bocor, oli akan melumuri cakram rem, yang membuat pengereman tak optimal.


Dimas dan Gilang, Mengikuti Seri Pembuka CEV Moto2 dan Moto3 Spanyol.

Dimas dan gilang

Kejuaraan CEV Moto2 dan Moto3 akan di mulai akhir pekan ini, Pembalap asal Indonesia melalui tim AHRT dengan pembalap Dimas Ekky dan Andi Gilang, kedua pembalap tersebut akan berpartisipasi di kelas yang berbeda yakni Moto2 dan Moto3. Gilang membalap di kelas Moto3 Junior World Championship, dan dan Dimas Ekky membalap di kategori Moto2 European Championship.
setelah melalui dua musim yang pernah di tempuh Dimas Ekky berambisi untuk meningkatkan pencapaian dan mencetak podium perdana di CEV moto2. Tahun lalu Dimas Ekky mampu finis di lima besar dan menempati peringkat ke tujuh klasemen akhir pembalap di musim 2016 dengan raihan 66 poin.
“Setelah berbulan-bulan latihan dan melakukan persiapan, saya sangat menantikan untuk menjalani musim baru di FIM CEV. Tahun ini, kami telah menjalani dua tes untuk menyiapkan motor: satu di Sirkuit Catalunya dan lainnya di Sirkuit Albacete,” tutur Dimas.
“Saya mengakhiri tes dengan feeling yang sangat baik dan senang atas kemajuan yang kami buat. Kami menguji coba set-up berbeda pada motor Kalex dan menurut saya, kami bahkan telah meningkat dibandingkan tahun lalu. Saya merasa siap dan menantikan apa yang saya yakini akan menjadi musim menarik di kelas Moto2 European Championship, bersama dengan Astra Honda Racing Team."
Sementara itu untuk Andi Gilang tahun ini merupakan musim ke dua di CEV Moto3, musim lalu telah membuatnya berpengalaman menjalani balapan, performa terbaik pernah start di posisi ke dua namun gagal finis setelah lima lap terakhir.
“Saya punya memori hebat di Sirkuit Albacete. Tahun lalu, saya merebut posisi start kedua dan mampu berada di grup depan sepanjang balapan, walaupun saya terjatuh beberapa lap sebelum balapan berakhir,” terang Gilang.
“Pada Maret lalu, saya telah menjalani tes pramusim di Albacete dan feeling saya baik, meskipun saya tidak bisa menyamai catatan waktu dari 2016.
“Dalam musim kedua saya di Junior World Championship, saya merasa lebih siap dan beradaptasi dengan kompetisi Eropa. Saya tidak sabar untuk balapan dan saya akan memberikan segalanya untuk memulai musim dengan cara terbaik mungkin.”
Seri ini akan di gelar pada 29 dan 30 april unutk kelas Moto2 dan Moto3

Tips Merawat Ban Motor Agar Awet


Ban merupakan komponen yang penting dalam mendukung faktor kemanan berkendara, bagaimana cara merawat ban yang baik hingga usianya bisa bertambah lama di samping juga faktor keamanannya. Cukup mudah paling utama kita harus rajin dan melihat kondisi ban sewaktu akan dipakai perjalanan jauh.

Tekanan udara yang kurang dan batu kerikil yang menempel pada ban dapat mengurangi umur pakai ban, paling tidak dengan melakukan pengecekan saat di pakai bisa memperpanjang umur ban. Jika kita menemukan kerikil yang menempel di sela sela ban harus segera kita bersihkan sebab dapat mengikis pemukaan ban.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ban motor agar selalu awet dan umur pakai lebih lama. Mempertahankan suhu udara ban motor dan mencegahnya agar tidak gampang memuai, menjadi hal utama yang perlu diperhatikan agar ban tidak gampang bocor. Berikut ini beberapa Tips dan Cara Perawatan Ban Motor Agar Awet dan tidak gampang bocor.

1. Memperhatikan tekanan angin
Menjaga tekanan angin pada ban secara rutin hendaknya di lakukan pengecekan pada pagi hari sebelum motor dipakai, berkurangnya tekanan angin dapat menyebabkan tenaga motor berkurang bahan bakar akan menjadi boros dan umur ban semakin pendek. Usahan tekanan angin harus sesuai yang di rekomendasikan oleh pabrikan pembuat ban.

2. Memperhatikan keausan Ban
Memeriksa tingkat keausan sangat penting unutk menjaga keselamatan berkendara, Keausan ban biasanya sudah di berikan tanda oleh produsen ban kapan sudah saatnya di ganti biasanya memakai istilah (TWI). Jangan memaksakan menggunakan ban sampai gundul, hingga terlihat lapisan nilonnya, akan sangat berbahaya jika terus di pakai.

3. Memeriksa pentil ban
Periksa pentil ban, jangan samapi ada kebocoran unutk mengeceknya bias meneteskan air pada pentil ban apakah ada gelembung udara. Jika ada gelembung maka di pastikan pentil mengalami kebocoran. Sebaiknya langsung saja melakukan penggantian pentil dengan yang baru.
Powered by Blogger.