Honda CRF250R Memakai Mesin DOHC Bukan Unicam


Honda Amerika merilis secara resmi Honda CRF250R ke hadapan media secara eksklusif, motor trail dengan kapasitas 250 cc ini bakal menggunakan mesin DOHC sebagai dapur pacunya. mengingat selama ini Honda selalu fokus menggunakan mesin Unicam. Ini merupakan perubahan yang cukup mencolok mengingat mesin dengan konstruksi katup Unicam telah di gunakan sejak awal motor dirilis tahun 2004.



Perubahan besar yakni menggunakan konsep knalpot ganda, dengan dua pipa header keluar dari kepala silinder sebelah kiri dan kanan. mesin telah di lengkapai elektrik starter sementara untuk kick starter telah di lepas. Penggunaan body work ini mirip dengan honda CRF450R suspensi depan menggunkan ukuran 49 mm Upside Down Showa.

Mesin telah di desain ulang dengan menggunakan teknologi katup rocker arm, desain ini di klaim memberikan daya paling besar pada rentang RPM bahwa ada peningkatan sekitar 10 persen di banding generasi 2017.  Katup menggunakan bahan titanium yang lebih besar serta desain katup buang yang memiliki lift lebih tinggi dengan sudut yang sempit. Desain intake manifold telah mengusung konsep downdraft yang mirip pada Honda CRF450R





Spesifikasi 

ENGINE Type                         249cc liquid-cooled single-cylinder four-stroke
Valve Train                              DOHC, four-valve; 33mm intake, titanium; 26mm exhaust, titanium
Bore x Stroke                          79.0mm x 50.9mm
Compression Ratio                  13.9:1
Induction                                  Programmed fuel-injection system (PGM-FI); 46mm throttle bore
Ignition                                     Full transistorized
Starter                                      Electric w/ lithium-iron-phosphate battery
Driveline                                  #520 chain; 13T/48T
Transmission                            Constant-mesh 5-speed return; manual
Clutch                                       Multiplate wet (5 springs)
SUSPENSION
Front                                         49mm fully adjustable leading-axle inverted telescopic Showa SPG coil-spring fork; 12.0 in. travel
Rear                                          Pro-Link system; fully adjustable Showa single shock; 12.4 in. travel
BRAKES
Front                                         Single 260mm hydraulic disc
Rear                                          Single 240mm hydraulic disc
TIRES
Front                                         Dunlop Geomax MX3S 80/100-21 w/ tube
Rear                                          Dunlop Geomax MX3S 120/90-19 w/ tube
MEASUREMENTS
Rake (castor angle)                  27°22’
Trail                                           116mm (4.6 in.)
Length                                       85.9 in.
Width                                         32.6 in.
Height                                        50.2 in.
Seat Height                               37.8 in.
Ground Clearance                    12.9 in.
Wheelbase                                58.3 in.
Fuel Capacity                            1.6 gal.
Curb Weight*                             238 lbs.
Colors                                        Red
*Includes all standard equipment, required fluids and full tank of fuel—ready to ride
Meets current CARB and EPA off-road emissions standards


Modifikasi Ringan Yamaha Vixion Jadi Supermoto


Ingin tampil beda Yamaha Vixion ini di modif ala supermoto dengan ban besar on road yang legal di jalan raya. Para pengguna Vixion mungkin bisa menjadikan reverensi modifikasi ini, mengingat motor menjadi tampil beda dengan yang lain, beberapa gambar modifikasi vixion jadi supermoto dibawah ini bisa membantu.
Supermoto merupakan motor trail memang khusus digunakan di 2 medan jalan diantaranya jalan aspal dan jalan tanah atau jalan yang tidak rata. Motor supermoto akan terlihat lebih tinggi karena memeang basiknya merupakan motor trail yang di ganti ban yang di gunakan di jalan aspal.

Beberapa ubahan yang paling utama diantaranya yaitu menganti spakbor standar new vixion diganti menggunakan spakbor motor trail, tidak lupa untuk shocknya agar terlihat seperti supermoto maka di kasih aksesoris karet pelindung bisa juga shock depan di ganti dengan Upside Down, stangnya diganti menggunakan stang model baplang atau stang lebar.

Sisi headlamp perlu di ganti dengan yang lebih kecil seperti supermoto, serta stang motor di tambah aksesoris hand guard untuk kenyamanan tangan saat menunggangi motor.
Berikut beberapa part yang di gunakan modifikasi menjadi supermoto :
  • Handguard acerbis
  • Stang fatbar protaper
  • Headlamp polisport
  • Breket box
  • Spakbor depan polisport
  • Peninggi shock dpn 13cm
  • Cover shock bawah
  • Ban michellin polilotstreet
  • Gear shinnob
  • Spakbor belakang klx
Kesimpulan :
Kalau menurut mindset motor supermoto modifikasi new vixion diatas lebih bagus lagi jika menggunakan shock depan jenis USD (upside down) sehingga tampilan menjadi lebih gagah dan memiliki kesan berotot. Wajib mengganti Velg alumunium model jari-jari dan ban lebar.
Sekian dulu sharing modifikasi vixion jika ada tambahan akan share lagi. semoga bermanfaat dan berguna.

Honda CRF 150 Produksi AHM Bakal Seperti Apa

Honda CRF 150R Unicam

Mengenai kabar kehadiran motor trail 150 cc produksi AHM, kemungkinan akan mengusung nama CRF 150L. Motor tersebut sudah memasuki tahap trial ujicoba, kira kira bakal seperti apa model yang akan di pakai oleh AHM untuk bersaing dengan Kawasaki KLX150.
Banyak bocoran yang beredar yang di kumpulkan dari berbagai sumber mengenai spek mesin yang akan dipakai, konon bakal menggunakan basis mesin Megapro FI atau Honda Versa. Suspensi depan bakal menggunakan Upside Down dengna velg ring 18 inchi belakang dan 21 inchi depan. Sangat logis memang dengan spesifikasi seperti itu sudah bisa Head to head dengan Kawasaki KLX 150, tinggal bagaimana AHM mengemas desain CFR 150L.
Honda XR150L

Honda global memiliki banyak desain motor yang identik dengan CRF 150L yakni Honda XR150L dan NXR 160, yang umumnya di pasarkan di negara negara berkembang seperti India, Filipina, dan sejumlah negara di Amerika Latin seperti Brasil.
Desain Honda XR150L dan NXR 160 mirip seperti Honda versa yang di kasih Ban dual purpose dengan stang tinggi, dengan tangki bahan bakar yang lumayan mengembang, memang terlihat tidak begitu ramping, namun apakah desain seperti ini bakal di sukai konsumen Indonesia.
Jika memakai desain CRF150F atau CRF150R bakal sesuai dengan mindset penggemar trail di tanah air yang umumnya mengedepankan desain sporty dan stylist. Memakai body yang ramping dan tinggi, tangki mungil dan kaki kaki panjang di padukan suspensi depan USD dan belakang mono dengan menggunakan lengan ayun, di tambah rem cakram depan dan belakang. Bukan hal yang tidak mungkin bagi AHM bisa mewujudkan desain seperti ini.

Jangan Sembarangan Membersihkan Busi Motor


Busi sebagai komponen yang menghasilkan pembakaran di ruang bakar, meski memerlukan perawatan namun banyak yang tidak paham dalam melakukan perawatan komponen yang satu ini. Membersihkan dengan amplas dan sikat kawat dapat merusak komponen busi.

Saat di bersihkan memakai amplas atau sikat kawat kemungkinan elektroda busi akan terkikis yang membuat jarak elektroda menjadi bergeser, menjadi renggang atau terlalu rapat. Sehingga busi tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jarak kerenggangan busi dari pebrikan sudah di ukur secara cermat, setiap jenis mesin kendaraan bermotor mempunyai spesifikasi dan kerenggangan busi yang berbeda. 

Salah satu yang paling di larang yakni, memukul kepala busi hal ini sangat tidak di anjurkan karena dapat merusak material busi yang mempunyai sifat getas. Saat di getok struktur akan berubah hingga membuat kekuatan material ikut berubah. 

Efeknya umur busi semakin pendek, sebaiknya jika kondisi busi sudah kotor lebih baik harus di ganti yang baru.

Mungkin anda pernah melihat membersihkan busi dengan cara merendam busi dengan bensin, tujuannya adalah agar kotoran yang menempel pada busi tersebut hilang dan cepat terlepas. 

Bahwa membersihkan busi motor seperti ini menjadi kurang efektif karena zat-zat di dalam bensin dapat memicu timbulnya kotoran pada busi.

Cara membersihkan yang paling ideal dengan menggunakan kain halus dan digosok secara perlahan, dan memastikan proses pembersihkan busi tidak mengikis logam yang ada di kepala busi. 

Membersihkan busi memang merupakan langkah sementara karena busi tetap akan kembali kotor. Usaha kan ganti yang baru untuk menjaga performa mesin motor yang di pakai.

Motor Injeksi Kehabisan Bensin, Tidak usah Panik

jupiter mx king 150

Saat ini semua motor yang di produksi oleh pabrikan rata rata sudah menerapkan sistem injeksi sebagai suplai bahan bakar ke mesin. Banyak anggapan motor yang menggunakan injeksi tidak boleh kehabisan bahan bakar karena bisa merusak fuel pump.
Pabrikan motor telah mengklaim teknologi injeksi telah berkembang maju dengan menerapkan berbagai macam sensor. Saat kehabisan bahan bakar fuel pump secara otomatis akan menurunkan tekanan bensin saat bensin dalam tangki habis. 

Motor akan berjalan tersendat-sendat dibarengi suara brebet dari knalpot lalu mesin akan mati. Ini merupakan peringatan, apabila benar-benar kehabisan bensin tinggal diisi lagi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor, selebihnya motor tidak akan mengalami kerusakan berat.
Berbeda dengan teknologi injeksi awal di terapkan, dimana mempunyai kelemahan jika kehabisan bahan bakar maka fuel pump di paksa bekerja sehingga udara akan masuk ke dalam sistem bahan bakar, sehingga akan menghalangi aliran bahan bakar dari fuel pump, 
Namun yang perlu diperhatikan bagi pemilik motor injeksi, jangan sampai sering kehabisan bahan bakar nantinya akan memperpendek usia fuel pump, komponen ini merupakan berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin.  jika tangki bahan bakar akan habis segeralah untuk mengisi bahan bakar.
Hal yang perlu di lakukan menghidupkan starter dalam kondisi on-off beberapa kali untuk memancing fuel pump bekerja. Biasanya akan terdengar suara mendenging, itu tanda pompa bahan bakar sedang bekerja memasok bensin ke saluran bahan bakar dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran. Setelah semua normal motor akan kembali hidup dan normal

Perawatan Service Berkala Honda BeAT PGM-FI

honda beat pgm-fi

Skutic entry level Honda Beat memang cukup banyak peminatnya, penjulan tiap bulan rata rata 120 ribu unit, wajar jika motor ini banyak sekali di jalan raya. Agar motor kesayangan awet dan nyaman dikendarai sebaiknya harus rajin service secara berkala. 

Jika memasuki usia dua tahun ternyata ada beberapa komponen ringan yang harus di ganti, komponen apa saja yang harus di ganti agar skutic selalu awet.
Menurut buku pedoman perawatan berkala jika sudah melampaui 4000 km atau 4 bulan, skutic wajib ganti oli mesin dan service. Ada 24 item yang harus di cek saat di bengkel resmi Honda di antaranya 

Filter bensin, cara kerja selongsong gas di tangan, filter udara, pernafasan crankcase, busi, jarak renggang klep, oli mesin, saringan kasa oli mesin, putaran stasioner, belt CVT, oli transmisi, minyak rem, keausan kampas rem, sistem rem secara keseluruhan. 

Switch lampu rem, cara kerja brake lock, arah sinar lampu, keausan kampas kopling, standar samping, suspensi, baut dan mur, roda dan ban juga yang terakhir adalah bearing kepala kemudi
Proses pengecekan motor seperti saluran bahan bakar dengan aliran minimum 98 cm3/detik serta selongsong gas di 22-6 mm, juga celah busi harus di perhatikan CPR9EA-9 (NGK) / U27EPR9 (Denso) dengan jarak kerenggangan kbusi berada pada 0,8-0,9 mm.
Jarak renggang klep juga harus diperiksa untuk klep IN dan EX 0,16 mm ± 0,02. Filter udara juga tidak kalah penting jika kendaraan di pakai di daerah berdebu dan mencapai 16000 km filter udara harus segera di ganti bahkan jika sebelum jarak tempuh tersebut belum terlampaui dan kondisinya kotor wajib di ganti lebih cepat.
Oli mesin honda Beat harus di ganti jika telah menempuh 2000 km sedangkan oli trasmisi di ganti tiap 8000 km. Berikut rincian service 3 tahun berkala komponen apa saja yang perlu di ganti.
1 tahun / 12.000 km
Tahun pertama belum banyakl komponen yang harus di ganti, karena motor tergolong dalam kondisi baru, jika ada komponen yang perlu di ganti seperti busi selebihnya hanya oli penggantian oli mesin secara teratur. 
2 tahun / 24.000 km
Memasuki usia  2 tahun ada 4 komponen yang perlu di ganti busi, oli mesin, drive belt dan oli transmisi. Kampas rem juga perlu di cek kondisinya sudah tipis atau masih tebal.
3 tahun / 32.000 km
Pada Honda BeAT yang sudah berusia 3 tahun hanya memerlukan pergantian oli mesin karena komponen yang lain sudah dilakukan pergantian sesuai buku panduan servis berkala. 
Nah di atas tadi yang perlu anda perhatikan sebagai pemilik Honda BeAT PGM-FI, sebaiknya melakukan service yang teratur dan ganti komponen yang perlu di ganti sesuai buku pedoman service, semoga berguna...

Suzuki GSX R125 Hadir di Inggris, Harga Beda Jauh Dengan Indonesia


Suzuki GSX R125 resmi di rilis di eropa, motor dengan kubikasi mesin 125 cc ini bakal bersaing dengan Yamaha R125 dan Honda CBR125, Suzuki memberikan performa yang tidak dimiliki oleh kompetitor dengan memberikan fitur canggih.
Motor ini sudah dilengkapi piranti pengereman ABS sehingga lebih aman, tersedia sistem kunci keyless yang membuat motor aman dari pencurian. Di Inggris motor sport suzuki GSX-R125 dipatok £ 3.999 atau mencapai Rp 69,3 juta. Sementara GSX-S125 dilepas £ 3.699 atau Rp 64,1 juta. Tawaran harga tersebut terbilang tinggi jika di bandingkan di Indonesia harga segitu sudah dapat motorsport 250 cc.
Desain tidak berbeda jauh dengan seri GSX di tanah air, perbedaan paling mencolok yakni hadirnya fitur mata kucing bagian sepatbor depan. mengenai spesifikasi mesin GSX-R125 dan GSX-S125 memiliki kapasitas 125 cc 1 silinder DOHC dengan konfigurasi bore x stroke 62,0 x 41,2 mm.
Suzuki GSX-R125 memiliki aura desain hasil revolusi dari moge sport GSX-R ke kelas lightweight. Wajar saja jika desain memiliki kemiripan dengan GSX-R 1000 seperti bentuk fairing dan lampu depan. Kaki kaki memiliki ukuran ban depan 90/80-17M/C dan ban belakang 130/70-17M/C di padukan disk brake berukuran besar.
Ada pula fitur answer back system, yang memudahkan pencarian posisi motor saat parkir, dengan fitur ini dengan menekan tombol remot maka lampu dan sein akan berkedip untuk memberi tanda posisi motor. Satu lagi fitur yang sangat futuristik yakni keyless ignition system, Fitur ini memberikan kemudahan bagi kita saat menyalakan mesin, hanya dengan memutar tombol satu kali maka dinamo starter mesin akan berputar terus hingga mesin menyala. Lampu sudah mengadopsi tipe LED di bagian depan serta panel indikator memiliki kesamaan dengan Satria F 150 Injeksi dengan informasi yang sangat lengkap seperti posisi gigi, techometer, odometer, trip meter, sisa bahan bakar, dan jam..

Ingin Membeli Motor Bekas, Baca Tips Berikut.

tips membeli motor bekas

Bagi sebagian masyarakat membeli motor merupakan kebutuhan sebagai sarana transportasi, namun apabila uang belum mencukupi biasanya akan membeli motor bekas (second) sebagai alternatif membeli motor. 
Keuntungan membeli harga motor bekas yakni harga lebih miring di bandingkan motor baru, apabila akan di jual kembali harga tidak anjlok signifikan di bandingkan membeli motor baru. Namun membeli motor bekas harus di pertimbangkan kondisi nya, seperti mesin, body, rangka, dan aksesoris perlengkapan motor yang masih lengkap dan layak pakai.
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin membeli motor bekas, biar tidak menyesal nantinya, walaupun terlihat kondisi body baik namun bagian dalamnya seperti mesin rangka hendaknya kita cek agar tidak membebani perawatan saat motor di beli,
Bedasarkan hasil rangkuman membaca majalah otomotif, dan berbagai sumber yang lain berikut ini beberapa tips membeli motor bekas.
1. Perhatikan kelengkapan surat surat mulai dari STNK, BPKB serta cek nomor mesin dan rangka pastikan kondisi sesuai dengan surat surat motor.

2. Mengetahui spesifikasi motor sudah ada perubahan apa belum

3.Perhatikan bagian body motor terlihat center di lihat dari depan maupun belakang perhatikan kedua roda, jika tidak center kemungkinan motor mengalami jatuh.

4. Perhatikan suara mesin terdengar kasar atau halus, periksa oli terlihat kental atau encer. Jika oli yang di pakai kental kemungkinan untuk menyamarkan suara mesin yang kasar agar halus.

5. Cek kondisi ketebalan kampas rem cakram maupun tromol

6. Cek kondisi rantai masih bagus apa sudah aus

7. Cek lubang knalpot, apabila hitam kemungkinan pembakaran kurang sempurna

8. Periksa bagian mesin, apakah ada oli yang merembes keluar seperti packing bocor.

9. Jika motor skutic, cek bagian transmisi V-belt ada suara kasar apa tidak, apakah ada komponen yang sudah pernah di ganti. V-belt di ganti setiap 25.000 km.

10. Periksa bagian radiator, apakah ada kebocoran.

11. Periksa kondisi Ban, Kita coba menaiki motor sambil jalan, rasakan kondisi berkendara di semua gigi, dan bermanufer untuk mengetahui masalah handling motor.
Nah tips di atas bisa anda terapkan saat membeli motor bekas cukup mudah bukan, sesuaikan dengan harga yang di tawarkan oleh penjual, setiap motor tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, Semoga berguna..

Cara mengganti Kampas Rem Depan Yamaha Vixion

Yamaha Vixion yang sudah lama di pakai berkendara dengan ribuan kilometer pasti kurang enak di bagian pengereman, itu menandakan rem sudah minta di service salah satunya mengganti kampas rem. 

Untuk mengganti kampas rem Yamaha Vixion ternyata cukup mudah, bagi pemilik Vixion yang suka ke bengkel alangkah baiknya tips berikut ini di coba.
Kondisi rem yang baik akan membuat nyaman dalam berkendara, dan tentunya lebih aman, terutama dalam kondisi jalan yang stop and go membutuhkan piranti rem yang cukup pakem. Disaat kendaraan harus berhenti mendadak jangan sampai menabrak kendaraan lain di depannya.
Perangkat rem yang jarang di rawat biasanya akan berbunyi berdecit saat tuas rem di tekan, biasanya kampas rem sudah habis, atau dalam keadaan kotor. Untuk mengganti kampas rem selalu gunakan suku cadang yang asli agar lebih awet dan tidak merusak piringan cakram.
Nah berikut ini alat yang harus di persiapkan untuk bongkar pasang
1. Kampas rem baru.

2. Menggunakan kunci ring ukuran 17-18.

3. Buka roda depan hingga terlepas

4. Lepaskan  kampas rem dengan membuka  pengunci pen,  kampas  rem  vixion  hanya  memakai  snap kecil  jangan  sampai  hilang dan  harus dirawat  diberikan  grease  agar  tidak  rapuh dan berkarat.

5. Lepaskan kaliper piston dan dilakukan pengecekan dan bersihkan, apabila kinerja piston masih  normal  tidak  perlu  menguras  minyak  rem, hanya kita bersihkan permukaan piston tanpa  melepas dari kaliper. Kotoran berkerak yang melekat pada piston bisa merusak seal karet o-ring bocor, sehingga pengereman menjadi kurang pakem.

6. Bersihkan dengan kain basah dengan sedikit bensin namun perlu hati hati seal o-ring piston bisa rusak terkena bensin, pompa tuas rem agar piston semakin menonjol ke luar namun jangan sampai lepas kalo lepas minyak rem bisa tumpah kemana mana. 

7. Bersihkan sampai mengkilap agar pergerakan piston semakin lancar. Kalau agak seret berat & macet memakai bantuan tang cucut dengan di lapisi kain dan jepit pada ujung terluar piston dan putar sedikit demi sedikit.

8. Setelah semuanya bersih dorong lagi  piston agar masuk ke dalam body  kaliper  kira kira  hanya tinggal nongol sedikit pistonnya agar saat  cakram  dimasukkan lebih mudah.
Pasang  kembali  roda beserta  cakram dan kencangkan semua baut, pompa tuas  rem sampai kampas menyesuaikan cengkeraman pada  cakram.
Nah itu tadi tips yang bisa anda coba di rumah, semoga dapat membantu dan menambah pengalaman kita dalam hal merawat motor, Semoga berguna...

Efek Pemakain Ban yang Lebih Besar

michelin

Kebiasaan mengubah tampilan sepeda motor seperti mengganti ukuran ban yang lebih besar memang akan membuat tampilan motor menjadi lebih gagah, namun ada resiko yang harus di hadapi jika ukuran ban dan velg tidak tepat.


Kita harus memikirkan ukuran maksimal ban yang bisa di aplikasikan agar tidak terlalu membebani motor. Jika ban terlalu lebar otomatis jarak dengan lengan ayun (Arm) semakin sempit mau gak mau harus mengganti ukuran lengan ayun yang lebih lebar.


Batas toleransi ukuran ban untuk motor sport di bawah 250 cc biasanya di rentang 110 hingga 150 tergantung modelnya. jika pemilik motor ingin mengubah ukuran ban yang lebih besar batas toleransinya di angka 130. Bila memaksakan ukuran ban di atas batas toleransinya maka pemilik harus memikirkan hal berikut:


1. Kurang lincah dalam bermanuver


Untuk berkendara di dalam kota, ban lebar kurang maksimal. Karena pergerakan motor tidak hanya melaju lurus, tetapi lebih sering menikung kiri maupun kanan. Ditambah jalan macet atau padat, perjalanan semakin lambat dan kurang lincah.


2. Kerja rem terbebani terlalu berat.


Penggunaan ban yang berubah ukuran lebih besar, kerja rem makin berat, perangkat ini diyakini akan cepat mengalami aus.


3. Boros bahan bakar.


Kinerja mesin motor akan semakin berat. Semakin besar tenaga yang harus dikeluarkan, maka makin besar pula bahan bakar yang dikonsumsi mesin.


4. Akselarasi lebih berat.


Akselarasi motor menjadi berkurang dan di butuhkan tenaga yang lebih besar bagi mesin menarik kaki-kakinya yang jauh lebih besar dari standarnya. Sehingga perlu meningkatkan torsi mesin dan tenaga maka akan di butuhkan biaya tambahan.


5. Gir dan rantai, belt cepat aus. 


Kedua komponen ini otomatis juga bekerja ekstra berat, apalagi jika masih menggunakan kpiranti asli pabrikan dengan kapasitas saat mengunakan ban standard.


Itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan ban yang lebih besar dari ukuran standar motor, semoga tips ini berguna dan bermanfaat..


Modifikasi Kawasaki KLX 150 dan Dtracker 150 Yang Membuat Anda Tertarik

dtracker-150-1

Motor jenis trail seperti Kawasaki KLX 150 dan Dtracker 150 merupakan motor pertualang yang legal di jalan raya. Kedua motor di atas mempunyai basis mesin yang sama yakni SOHC 150 cc, cuman yang membedakan hanya bagian kaki kaki. Bila anda menginginkan memodifikasi tampilan motor ini meungkin foto foto di bawah ini bisa menjadi inspirasi bagi anda agar tidak bosan dengan tampilan motor standart.
Banyak sekali aksesoris Kawasaki KLX 150 dan Dtracker 150 di jual di toko onderdil maupun aksesoris motor. Bengkel resmi Kawasaki juga menjual part aksesoris ini sehingga motor anda akan terlihat lebih keren dan elegan. 
Buat anda yang ingin memodifikasi Kawasaki KLX 150 maupun Dtracker berikut kami berikan referensi dari beberapa sumber yang mungkin bisa menjadi contoh modifikasi motor adventure dan aksesoris yang digunakan untuk bisa anda pilih sesuai keinginan.
dtracker-150-2

klx-150-3

klx-150-4

dtracker-150-5


Demikian artikel yang membahas mengenai Gambar Modifikasi Kawasaki KLX 150 dan Dtracker 150  yang saya share semoga bisa membantu anda dan sebagai inspirasi modifikasi, semoga informasi di atas dapat membantu, semoga berguna..

Marc Marquez menguji coba sasis baru di tes privat Sirkuit Brno


Paruh pertama musim ini, Repsol Honda melakukan ujicoba sasis baru di sirkuit Brno selama dua hari, tes privat sendiri berakhir pada hari selasa kemarin. Honda menurunkan tiga pembalap andalannya yakni  Marquez, Pedrosa, serta Cal Crutchlow
Dengan kemenangan di jerman marquez berhasil menduduki peringkat teratas klasemen sementara, seri ke 10 akan di gelar di Sirkuit Brno, Honda telah melakukan ujicoba berharap memetik hasil yang bagus di sirkuit ini. 
Ujicoba ini fokus pada masalah akselerasi motor Honda yang telah berlangsung sejak lama, tes ini berpengaruh pada hasil balap paruh ke dua musim ini. 
“Honda telah memberikan kami beberapa hal kecil dan bisa membantu, tapi itu tidak akan membuat perbedaan besar. Kami akan menguji coba sasis baru di Brno dan beberapa hal lainnya,” ucap Marquez .
“Bagaimanapun, tes selama libur musim panas selalu menjadi ide bagus bagi pembalap dan motor, karena itu berarti Anda tidak kehilangan kecepatan.”


Honda bukan satu-satunya tim yang telah menguji coba sasis baru. Yamaha juga telah memperkenalkan sasis baru, yang telah digunakan Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Assen dan Sachsenring.

Bos Repsol Honda Livio Suppo enggan memberikan komentar terkait hasil tes yang telah dilakukan, dirinya berdalih tidak begitu memahami teknik motor. Ia pun mengatakan tak melihat sesuatu yang aneh pada motor RC213V yang digunakan Marquez dan Pedrosa untuk mengantarkan gelar juara bagi Honda.
Ketika ditanya bagaimana tes itu dijalani oleh Marquez dan Pedrosa, Suppo lagi-lagi hanya berujar singkat. Ia menegaskan cuaca sangat mendukung dilakukannya tes oleh kedua pembalap Repsol Honda.

Cara Mencegah Mesin Sepeda Motor Overheat


Memakai motor saat kondisi terkena macet dan panas kemungkinan bisa menyebabkan mesin menjadi terlalu panas atau overheat, apakah anda pernah merasakan hal seperti itu. Overheat adalah tingkat suhu yang melewati batas ambang pada komponen mesin. 

Overheat pada motor memiliki ciri ciri mesin terasa panas dan tercium bau tidak enak pada mesin, gejala tersebut menyebabkan motor kehilangan tenaga dan juga bisa berakibat fatal seperti mesin akan macet.

Penyebab overheat secara teknis seperti aliran oli yang tidak lancar, aliran cairan pendingin tidak bekerja, kipas radiator rusak. Overheat dapat terjadi pada motor yang berpendingin cairan maupun yang menggunakan pendingin udara.

Untuk motor keluaran terbaru sudah ada indikator mesin misalnya saat mesin terlalu panas maka indikator akan menyala. Bagaimana mencegah mesin overheat berikut tipsnya.

1. Mengganti Oli Secara Teratur
Selau mengganti oli mesin tepat waktu, oli selain berfungsi untuk melumasi komponen mesin juga mendinginkan komponen tersebut saat mereka bergesekan satu dengan yang lain.

2. Menggunakan oli yang tepat
Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin sepeda motor anda, oli SAE 10w40 relatif lebih cepat melepas panas jika dibanding dengan oli dengan SAE 20w50.

3.  Periksa Aliran oli
Oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin, pastikan oli motor anda dapat mengalir secara baik.

4.  Cek Posisi Piston Tidak Terlalu Rapat
Melakukan bore up pada mesin yang tidak sesuai dengan sepesifikasi mesin bisa juga menyebabkan mesin overheat, misalnya posisi piston dan liner silinder yang terlalu rapat bisa menyebabkan piston dan ring piston maupun liner bisa rusak.

5.  Mengganti cairan coolant secara teratur
Sepeda motor yang menggunakan sistem pendinginan dengan cairan, gantilah cairan coolant secara teratur sesuai jadwal.

6.  Rutin Membersihkan Radiator
Bila motor Anda menggunakan sistem pendinginan udara, maka selalu membersihkan radiator, jangan memakai penutup pelindung radiator yang terlalu rapat bisa menyebabkan mesin overheat.

7.  Pastikan kisi-kisi Kepala Silinder Bersih
Pastikan kotoran yang menempel pada kisi kisi pendingin silinder dan kepala silinder bersih sehingga pelepasan panas lebih cepat.

8.   Periksa Kipas Radiator
Motor yang menggunakan kipas radiator elektrik selalu di periksa apakah bekerja dengan baik saat kondisi temperatur mesin ideal. Biasanya kipas akan bekerja saat temperatur mesin dalam kondisi normal bukan dingin.
Powered by Blogger.