Iklan 728x90

Menyetel Celah Klep Yamaha Vixion yang Tepat.


Yamaha Vixion merupakan motor nakedbike yang paling laris saat ini, perawatan yang mudah dan murah serta part onderdil mudah di cari. Dalam artikel kali ini akan memberikan tips cara menyetel klep Yamaha Vixion dan mengatasi suara kasar yang ada pada kepala silinder. Tentunya dalam pembahasan kali ini motor yang sudah di pakai berpuluh ribu km tentunya memerlukan perawatan dan service.

Suara kasar atau ngelitik yang ada pada kepala silinder biasanya di sebabkan oleh celah klep yang terlalu longgar atau batang klep yang sudah tidak rata karena aus. Gejala ini biasanya akan muncul saat motor memasuki usia di atas 3 tahun dalam pemakaian normal.

Untuk menyetel klep pastikan motor harus kita panaskan dulu mesinnya untuk memperoleh kondisi temperatur mesin yang ideal, jangan meyetel dalam kondisi mesin dingin karena tingkat pemuaian saat mesin panas akan berbeda saat menyetel celah klep dalam kondisi dingin. Berikut langkah langkahnya:

1. Buka shroud kanan kiri, lepaskan radiator, tangki, serta jok motor.

2. Lepaskan busi, selang vakum air induction system.

3. Lepaskan air cut-off valve, reed valve,plat reed valve, penutup cylinder head.
4   
     4. Lepaskan baut penutup timing dan baut penutup cranksaft untuk melihat tanda timing. 



5. Putar crankshaft ke arah kiri cari tanda TMA pada rotor generator magnit dan pastikan         tanda TMA tepat dengan bak penutup magnit.

6. Ukur celah klep menggunakan feuler gauge.

7. Kendorkan mur pengunci pelatuk klep (temlar).

8. Masukkan feuler gauge di antara ujung batang klep dan ujung baut penyetel klep.

9. Putar baut penyetel sehingga di dapatkan kelongggaran celah klep

10. Celah klep yang tepat antara 0,10 mm untuk IN dan 0,20 mm Untuk EX.

11. Kencangkan mur pengunci sambil tahan baut penyetel agar celah klep tidak berubah.

12. Periksa kembali celah klep

13. Pasang kemballi baut cup crankshaft dan baut cup timing.

14. Pasang gasket penutup cylinder head, plat reed valve, reed valve, air cut-off valve,               selang air induction system, tutup busi,radiator tangki,dan jok.

15. Selesai..

Demikianlah langkah langkah penyetelan klep Yamaha Vixion, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda jika masih ragu silahkan cek kendaraan anda di bengkel terdekat, Semoga berguna...

No comments

Powered by Blogger.