Tips Setel Klep Yamaha JupiterZ
Motor 4 tak seperti
yamaha JupiterZ karbu setelah di pakai 5000 km, harus di lakukan penyetelan
celah klep baik klep isap maupun klep buang. Biasanya suara mesin akan
terdengarn kasar yang di akibatkan celah klep yang sudah terlalu longgar.
Untuk menghasilkan performa mesin yang maksimal maka harus di lakukan service seperti menyetel celah klep.
Untuk menghasilkan performa mesin yang maksimal maka harus di lakukan service seperti menyetel celah klep.
Berikut ini langkah langkah menyetel celah klep Yamaha JupiterZ.
1. Posisikan motor pada standar tengah di tempat yang rata
Motor harus di
posisikan standar tengah pada tempat yang rata, panaskan mesin kurang lebih 3-5
menit untuk mencari suhu panas mesin saat di lakukan penyetelan.
2. Mencari Top Kompresi
Yang perlu di
perhatikan adalah mencari Top kompresi yakni piston berada di titik mati atas
(TMA) posisi temlar pelatuk klep dalam kondisi bebas tidak menekan batang klep.
Buka penutup klep isap maupun buang untuk melihat kondisi temlar bergerak bebas tidak menekan batang klep isap maupun buang, bisa kita rasakan dengan menggeser geser temlar, sehingga bisa di setel kerenggangannya.
Buka penutup klep isap maupun buang untuk melihat kondisi temlar bergerak bebas tidak menekan batang klep isap maupun buang, bisa kita rasakan dengan menggeser geser temlar, sehingga bisa di setel kerenggangannya.
3. Melihat tanda Top kompresi pada lubang intip magnet.
Buka lubang intip kruk
as penutup magnet sebelah kiri dengan menggunakan kunci T 17, putar berlawanan
arah jarum jam. Cari tanda top (T) atau garis | sejajar dengan lubang intip.
Lihat posisi temlar (pelatuk klep) bebas tidak menekan batang klep.
4.Menyetel klep isap
maupun buang
Longgarkan mur penyetel dengan kunci ring 8 mm,
jangan terlalu longgar cukup kita buka sedikit. Selipkan feeler gauge di antara
celah temlar dengan batang klep.
Ukuran celah yang ideal untuk katup isap yakni 0,07 mm sedangkan katup buang 0,08 mm. Penyetelan yang tepat feler gauge terasa seret bisa di tarik namun tidak bisa di dorong kembali.
Ukuran celah yang ideal untuk katup isap yakni 0,07 mm sedangkan katup buang 0,08 mm. Penyetelan yang tepat feler gauge terasa seret bisa di tarik namun tidak bisa di dorong kembali.
Setelah setelan di
rasa sesuai, pasang kembali semua cover klep dan lubang intip magnet. Hidupkan
mesin dan stel karburatornya karena kedua komponen ini saling berhubungan,
untuk menyetel karburator, dengan meyetel baut stelan langsam (baut yang ada
pegasnya) ke kanan sampai kurang lebih 4000 rpm.
Setelah itu stel baut stelan
campuran (berada di sebelah kiri baut langsam) sampai mentok ke kanan dan putar
kembali sampai 1 7/8 putaran. Kemudian putar kembali baut setelan langsam ke
arah kiri sampai rmp mesin 1400.
Nah cukup mudah bukan, anda pun bisa mencoba di rumah namun kalau
di rasa ragu bisa menghubungi bengkel terdekat, semoga berguna...
No comments