Iklan 728x90

Cara Stel Klep Motor 4 tak SOHC Paling Mudah

Stel katup

Bagi anda pemilik sepeda motor 4 tak dengan sistem penggerak katup SOHC, OHC penyetelan katup bisa dilakukan dengan mudah berdasarkan pengalaman yang pernah saya praktekkan. Bagi anda yang masih ragu sebaiknya jangan dilakukan.

Namun ada baiknya membaca artikel ini bisa memberikan gambaran tentang penyetelan celah klep/katup untuk motor 4 tak dengan sistem penggerak SOHC atau OHC. Sitem SOHC biasanya menggunakan multi katup, katup isap jumlahnya ada 2 dan katub buang ada 2. Namun untuk sistem OHC jumlah katup cuman ada 2 yakni isap dan buang.

Penyetelan katup ini harus di lakukan karena untuk mempertahankan celah agar tetap standar antara batang katup dan ujung baut penyetel. Tujuannya adalah memperoleh performa mesin yang maksimal. 
.
Alat alat yang harus dipersiapkan diantaranya
1. Obeng (+) besar dan (+) sedang

2. Obeng (-) besar
3. Kunci ring 8-9 mm
4. Kunci klep L
5. Fuller untuk mengukur kerenggangan klep
6. Kunci T (Sok 17mm)

Langkah Penyetelan
1. lepaskan tebeng sayap samping dan tengah

2. Buka tutup Magnet sebelah kiri dengan obeng (-) besar

3. Buka tutup klep IN (isap) dan EX (Buang) dengan kunci ring 17 mm kebanyakan motor.

4. Putar magnit sampai ketemu tanda T yang artinya TOP dengan memutar poros engkol 
dengan kunci T 17 mm, tanda T harus lurus di Blok magnit.

5. Pastikan klep dalam kondisi bebas yang artinya sudah posisi TOP.

6. Lakukan pengukuran celah klep dengan fuller dengan celah bebek 0,03 s/d 0,05 mm dan untuk motor sport 0,07 s/d 0,10 mm.

7. Apabila celah katup terlalu longgar atau bisa terlalu rapat maka perlu dilakukan penyetelan.

8. Apabila perlu dilakukan penyetelan lakukan langkah berikut ini.
  • Longgarkan mur peyetel klep dengan kunci ring 9 mm sambil menahan baut kunci L untuk stelan klep
  • Masukkan fuller ke celah klep dengan memutar stelan klep untuk mendapatkan celah klep sesuai ketentuan yang di ijinkan.
  • Setelah mendapatkan celah yang diperolehkencangkan mur pengikat klep denagn kunci ring 9 mm
  • Cek kembali celah klepnya memastikan sudah benar dan ridak berubah.
  • Stelah selesai pasang kembali tutup klep dan tutup magnit.
  • Hidupkan mesin periksa terhadap bunyi klep apa terlalu kasar untuk memsatikan kondisi penyetelan berjalan dengan benar
  • Pasang kembali cover sayap body sesuai urutan pembongkaran.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui penyetelan celah klep sesuai standar buku manual pabrikan pembuat motor.

No comments

Powered by Blogger.