Maverick Vinales buka suara keunggulan Suzuki di Silverstone Inggris……
![]() |
Maverick Vinales |
Maverick memang luar biasa saat balap Silverstone kemarin. dia tak terkejar hingga finish pertama di balap Inggris mengalahkan Honda, Yamaha dan Ducati. Pertanyaannya…apa kunci kemenangan dan seperti apa kondisi motor GSX-RR sekarang sehingga Vinales bisa menang??. Via presscon…pembalap berusia 21 tahun itupun buka suara…
“ Motor terasa sangat kuat pada sisi
pengereman. Lalu motor kita sangat baik disektor satu…sangat kencang.
Selain itu disektor empat aku merasa memiliki traksi yang
melimpah….motor luar biasa khususnya ban belakang. Aku bisa mengontrol
serta menjaga racing line dari awal hingga akhir. Hasil ini sangat
penting bagi Suzuki. Mereka bekerja keras. Kita bagus dikualifikasi
namun race kurang. Dan sekarang kita membuktikan motor mampu menang
ketika race sekalipun....” ujarnya
Tidak salah Suzuki memilih konfigurasi
inline 4 (GSX-RR) dibanding V4 (GSV-R). GSV-R diperkenalkan tahun 2002
dan disuntik mati pada tahun 2011. Awalnya GSV memang didedikasikan
untuk menggantikan mesin RGV-500 2 tak. Mengusung kode XRE0…banyak
pengamat mengatakan, Suzuki melakukan kesalahan besar karena
mencangkokan sasis dan desain fairing dari 2 tak RGV500 sehingag gen
XRE0 didera masalah kestabilan….
Generasi kedua GSV lahir diera 800cc
dengan label GSV-R800 dan hanya berumur 4 tahun (2007-2011). Setelah itu
Suzuki mengundurkan diri dan tampil dengan mesin baru inline 4 dimusim
2015. ternyata hanya butuh satu tahun mereka langsung merangsek menjadi
juara seri.
No comments