Iklan 728x90

Panduan Servis Tahun Pertama All New Honda Supra GTR 150.


Supra GTR 150
Supra GTR 150

Honda Supra merupakan legenda bagi masyarakat Indonesia lebih dari 15 tahun, produknya sempat menguasai segmen bebek. Dimulai dari awal 100 cc, kemudian 125 cc sampai akhirnya Supra berevolusi menjadi 150 cc.
kaki kaki yang kekar diklaim menjadi pendongkrak tampilan, motor ini di kemas sebagai motor touring, berikut panduan service tahun pertama supra GTR150.

Mulai dari servis pertama pada 1.000 km atau bulan ke 2, cuma pengecekan awal dan ganti oli, semua gratis.
“Setelah motor dipakai selama 1.000 km harus ada pengecekan awal, ini untuk melihat apakah ada sisa gram atau tidak pada saat proses perakitan mesin,”  ujarTimbul Suwardi, Workshop Head Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Wahana Gunung Sahari, Jakpus.
Selesai mengganti oli mesin, service di fokuskan pada item stasioner mesin, sistem rem, sistem kopling, mur, baut, pengencang dan pelumasan rantai roda.
Service berikutnya ketika odometer sudah menunjuk 6.000 km atau 6 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Pada KPB ini tidak lagi free oli melainkan hanya free jasa servis saja.

“Olinya sudah tersedia yang berkapasitas 1,2 liter sesuai dengan yang dibutuhkan mesin, sehingga cukup membeli 1 botol saja. Ada 2 pilihan AHM Oil yang bisa dipilih yaitu MPX 1 yang memang oli standarnya dan tipe SPX 1 full synthetic,” tutur pria ramah ini.
Pada servis kedua ini beberapa item service ikut dicek dan bersihkan seperti busi dengan cara disikat agar kerak yang menghambat percikan api bisa rontok. Lainnya dengan penambahan pemeriksaan seperti pemeriksaan saluran bahan bakar, cara kerja gas tangan, membersihkan pernapasan bak mesin, periksa minyak rem, keausan kampas rem, switch lampu rem, arah sinar lampu depan, periksa standar samping, suspensi, dan roda atau ban.

Servis yang terakhir dilakukan pada 12.000 km atau bulan ke-12 tepat motor ini berumur 1 tahun busi juga sudah saatnya untuk di ganti.
Untuk pengecekan katup tidak ada “Motor ini sudah menggunakan konstruksi rocker arm seperti Honda CBR250R sehingga tidak perlu lagi cek kerenggangan klep. Cukup mendengarkan saja jika memang dirasa berisik baru dilakukan pengecekan ini,” tutur Rahman Setiawan, Kepala Mekanik di bengkel ini.
Total biaya yang harus dikeluarkan selama satu tahun? Jika memakai oli mesin MPX 1 adalah Rp 121.400, dan Rp 140.400 jika pakai oli mesin full synthetic SPX1. Sangat terjangkau

No comments

Powered by Blogger.