Iklan 728x90

Cara Ganti Kampas Rem Honda Beat



Mengganti kampas rem Honda Beat bisa anda lakukan sendiri di rumah asalkan punya kelengkapan alat yang memadai tanpa harus pergi ke bengkel. Rem merupakan komponen paling penting berhubungan dengan keselamatan berkendara, anda perlu merawat komponen rem baik rem depan maupun belakang. Honda beat menggunakan Rem depan tipe cakram, sedangkan Rem belakang tipe tromol. Menggnti kampas rem secara berkala dapat membuat kinerja sistem Rem menjadi lebih maksimal.

Cara mengganti kampas Rem depan Honda Beat cukup mudah akan tetapi untuk memasang kampas rem tersebut memerlukan alat bantu toolkit untuk pembongkaran dan pemasangan.

Fungsi mengganti kampas Rem secara Berkala.

1. Kinerja Pengereman Lebih Optimal

Kampas Rem yang sudah aus menyebabkan daya pengereman kurang maksimal, dan bisa merusak piringan cakram. Hal ini berpengaruh saat berkendara sehingga proses pengereman menjadi terkendala dan tidak maksimal. Penggantian kampas Rem yang baru akan membuat kinerja pengereman lebih Optimal.

Cara Mengganti Kampas Rem Depan

1. Siapkan Alat Bantu

Kunci T8, tang, tang sirklip ex, kunci L bintang T40/ L6, greas atau minyak pelumas, sikat besi atau ampelas.

2. Melepas Kampas Rem

Kendorkan dua baut pengikat kaliper rem dengan memutarnya kearah kiri menggunakan kunci L Bintang sampai baut kaliper terlepas. Maka hasilnya kaliper terlepas dari buttom shock depan dan kanvas depan akan terlepas sendiri.

3. Lepas Braket

Kemudian copot breaket rem dan ampelas breaket tersebut tujuannya untuk menghilangkan karat atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja rem, jangan lupa berikan pelumas oli sedikit saja. 

4. Berihkan Piston

Tekan handel Rem depan jangan agar piston menonjol, namun jangan sampai terlepas secukupnya saja. Bersihkan piston yang sudah menonjo tadi dari kotoran dan tanah. Jika piston caliper sudah bersih maka masukan kembali piston caliper tersebut dengan menekan piston ke dalam menggunakan toolkit.

5. Pasang Kaliper

Selanjutnya pasang kembali breket caliper yang sudah diampelas tadi, jangan lupa kasih pelumas bisa pakai oli mesin (jangan bekas ) atau grease yang bagus. Langkah selanjutnya adalah memasang kanvas rem depan, pastikan posisi piston masuk kedalam akan mempermudah kampas kaliper memasukan ke piringan cakram

Kemudian pasang baut pengunci (pad pin) pada kanvas depan, saat pemasangan baut pengunci usahakan kanvas rem ditekan kedalam dengan jempol. Sehingga lubang baud pengunci pada caliper sejajar atau lurus dengan lubang baut pada kanvas rem depan.

Langkah terakhir adalah memasang caliper ke buttom shock depan dan kencangkan baud L bintang dan baut pengunci kanvas rem depan.

No comments

Powered by Blogger.