Cara ampuh Bikin Skutik Kencang Tanpa Boreup
Bagi anda yang ingin motor matic kesayangan bisa kencang, namun dengan ubahan yang minim dan awet untuk motor kesayangan anda mungkin tips berikut ini bisa anda terapkan. Motor matik (skutik) menggunakan kampas ganda jenis kering, dengan komponen utama yaitu Continous Variable Transmission (CVT).
Komponen yang perlu kita ubah ada pada bagian transmisinya otomatisnya. Trik berikut ini bisa anda diterapkan di berbagai jenis mesin, yang menggunakan karburator maupun dengan sistem injeksi. Bagi anda ingin motor matic semakin kencang, perlu diperhatikan elemen mesin yang lain supaya tetap irit bahan bakar.
Komponen yang perlu kita ubah ada pada bagian transmisinya otomatisnya. Trik berikut ini bisa anda diterapkan di berbagai jenis mesin, yang menggunakan karburator maupun dengan sistem injeksi. Bagi anda ingin motor matic semakin kencang, perlu diperhatikan elemen mesin yang lain supaya tetap irit bahan bakar.
1.
Roller.
Komponen ini posisinya ada di dalam puli depan jumlahnya ada 6 buah. Berat standarnya biasanya 10,6 gram, kalau anda ingin memakai
bobot yang lebih ringan dari standar, efek dari akselerasi di putaran bawah jadi
lebih ringan. Untuk mendapatkan akselerasi atas lebih cepat, tinggal pilih sesuai kebutuhan
dan keinginan. Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, harganya per biji sekitar Rp.
15.000.
2. Rumah roller.
Kegunaan dari part ini sebagai tempat
roller (rumah roller), biasanya untuk meningkatkan kinerjanya bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas halus
lalu dipoles dengan autosol, alur akan licin. Sehingga
roller lebih mudah berbutar, menyebabkan akselerasi kendaraan menjadi lebih ringan. Jika ingin
lebih praktis bisa mencari merek Kitaco di toko terdekat. Dalam
satu paket berisi puli ada 2 macam bobot roller (7,5 gr dan 10 gr).
3.
V- Belt
Ada baiknya untuk komponen yang satu ini memakai kwalitas yang baik sehingga tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga
bisa mengurangi power lost. V-Belt aftermarket yang beredar di pasaran harganya antara Rp.
80.000 sampai Rp. 250.000. Penggantian V-Belt dapat meningkatkan tenaga sekitar 5 persen
dan bahan bakar lebih irit sekitar 8-10 persen.
4.
Pegas CVT
Pegas CVT ini bisa di ganti dengan pegas yang mempunyai tekanan lebih keras, sehingga akselerasi menjadi
lebih cepat. Bisa juga
dengan mengganjal pegas CVT standar, biasanya cara ini tidak direkomendasikan oleh pabrikan. Pegas CVT aftermarket di jual antara Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000, untuk model pengganjal harganya sekitar Rp. 70.000.
5.
Kopling Sentrifugal dan Tromol
Komponen yang satu ini perlu mendapatkan perhatian lebih, kopling sentrifugal CVT, pada motor bebek, komponen ini terendam oli sedangkan untuk motor matic komponen ini tidak terendam oli atau kering.
Kampas menempel pada teromol lalu kemudian berputar bersama-sama, hendaknya jarak kampas dan tromol jangan terlalu renggang. Pada motor matic standar bekerja pada putaran 3.000 rpm. Agar lebih responsif gunakan pegas yang kekerasannya lebih rendah.
Kampas menempel pada teromol lalu kemudian berputar bersama-sama, hendaknya jarak kampas dan tromol jangan terlalu renggang. Pada motor matic standar bekerja pada putaran 3.000 rpm. Agar lebih responsif gunakan pegas yang kekerasannya lebih rendah.
No comments