Cara mengganti Kampas Rem Depan Yamaha Vixion
Yamaha Vixion yang sudah lama di pakai berkendara dengan ribuan kilometer pasti kurang enak di bagian pengereman, itu menandakan rem sudah minta di service salah satunya mengganti kampas rem.
Untuk mengganti kampas rem Yamaha Vixion ternyata cukup mudah, bagi pemilik Vixion yang suka ke bengkel alangkah baiknya tips berikut ini di coba.
Untuk mengganti kampas rem Yamaha Vixion ternyata cukup mudah, bagi pemilik Vixion yang suka ke bengkel alangkah baiknya tips berikut ini di coba.
Kondisi rem yang baik akan membuat nyaman dalam berkendara, dan tentunya lebih aman, terutama dalam kondisi jalan yang stop and go membutuhkan piranti rem yang cukup pakem. Disaat kendaraan harus berhenti mendadak jangan sampai menabrak kendaraan lain di depannya.
Perangkat rem yang jarang di rawat biasanya akan berbunyi berdecit saat tuas rem di tekan, biasanya kampas rem sudah habis, atau dalam keadaan kotor. Untuk mengganti kampas rem selalu gunakan suku cadang yang asli agar lebih awet dan tidak merusak piringan cakram.
Nah berikut ini alat yang harus di persiapkan untuk bongkar pasang
1. Kampas rem baru.
2. Menggunakan kunci ring ukuran 17-18.
3. Buka roda depan hingga terlepas
4. Lepaskan kampas rem dengan membuka pengunci pen, kampas rem vixion hanya memakai snap kecil jangan sampai hilang dan harus dirawat diberikan grease agar tidak rapuh dan berkarat.
5. Lepaskan kaliper piston dan dilakukan pengecekan dan bersihkan, apabila kinerja piston masih normal tidak perlu menguras minyak rem, hanya kita bersihkan permukaan piston tanpa melepas dari kaliper. Kotoran berkerak yang melekat pada piston bisa merusak seal karet o-ring bocor, sehingga pengereman menjadi kurang pakem.
6. Bersihkan dengan kain basah dengan sedikit bensin namun perlu hati hati seal o-ring piston bisa rusak terkena bensin, pompa tuas rem agar piston semakin menonjol ke luar namun jangan sampai lepas kalo lepas minyak rem bisa tumpah kemana mana.
7. Bersihkan sampai mengkilap agar pergerakan piston semakin lancar. Kalau agak seret berat & macet memakai bantuan tang cucut dengan di lapisi kain dan jepit pada ujung terluar piston dan putar sedikit demi sedikit.
8. Setelah semuanya bersih dorong lagi piston agar masuk ke dalam body kaliper kira kira hanya tinggal nongol sedikit pistonnya agar saat cakram dimasukkan lebih mudah.
Pasang kembali roda beserta cakram dan kencangkan semua baut, pompa tuas rem sampai kampas menyesuaikan cengkeraman pada cakram.
Pasang kembali roda beserta cakram dan kencangkan semua baut, pompa tuas rem sampai kampas menyesuaikan cengkeraman pada cakram.
Nah itu tadi tips yang bisa anda coba di rumah, semoga dapat membantu dan menambah pengalaman kita dalam hal merawat motor, Semoga berguna...
No comments